Ilustrasi olahan tempe (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

3 Olahan Tempe untuk Lauk hingga Camilan, Resepnya Sederhana!

29 October 2022   |   13:11 WIB

Like
Tempa merupakan salah satu olahan fermentasi kedelai yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Kerap tersedia  di pasar hingga toko swalayan, tempe menjadi salah satu makanan pendukung kebutuhan protein yang dpat diolah sesuai selera. Selain protein, tempe mengandung serat, magnesium, zat besi, hiongga kalsium yang kaya akan nutrisi untuk tubuh.

Dengan harga yang murah, tempe dapat dimasak dengan berbagai jenis camilan hingga lauk untuk dimakan dengan nasi. Agar tidak bingung dalam memasak tempe, yuk simak berbagai jenis olahan tempe yang gurih dan lezat dengan resep sederhana berikut!
 

Ilustrasi tempe (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Ilustrasi tempe (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

 

1. Sambel Tempe Kemangi

Tempe bisa diolah menjadi lauk yang gurih dengan daun kemangi yang beraroma harum. Siapkan tempe, kemangi, bawang merah dan bawang putih, kencur, cabai merah dan cabai rawit, serta kaldu dan garam secukupnya.

Cuci tempe lalu iris menjadi bentuk dadu, lalu goreng hingga kecoklatan dan tiriskan. Kemudian tumis irisan bawnag merah, bawang putih, cabai rawit, dan kencur ke dalam wajan dengan sedikit minyak yang sudah panas. Masukkan tempe yang sudah digoreng, kemudian tambahkan cabai keriitng, kaldu, dan garam secukupnya lalu aduk hingga merata.

Letakkan tumisan tempe ke dalam cobek, kemudian ulek kasar dan tambahkan garam serta kaldu secukupnya. Terakhir, masukkan daun kemangi lalu kembali aduk sambel tempe kemangi hingga merata sebelum disajikan.
 

2. Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan olahan tempe khas Banyumas, Jawa Tengah. Tempe mendoan dibuat dengan adonan tepung yang kaya akan aroma bawang yang biasanya dijadikan camilan. Siapkan tempe, tepung serbaguna, daun jeruk dan daun bawang, serta garam, merica, dan kaldu secukupnya.

Iris tempe yang sudah dicuci dengan bentuk melebar, kemudian siapkan adonan tepung serbaguna dan daun-daunan yang sudah diiris. Masukkan tepung dan irisan daun ke dalam wadah, kemudian campurkan dengan air, garam, merica, dan kaldu secukupnya. Balurkan tempe dalam adonan tepung, kemudian goreng hingga kecoklatan lalu tiriskan.
 

3. Tempe Penyet Kangkung

Tempe sangat cocok dipadukan dengan olahan sayur kangkung yang gurih. Siapkan tempe, kangkung, teri medan, tomat, cabai, bawang merah, dan garam secukupnya. Cucui bersih kangkung, tempe dan teri medan sebelum diolah. Potong tempe agak tebal lalu goreng di minyak panas.

Ulek bumbu halus berupa tomat, cabai, bawang merah, dan garam. Kemudian siapkan wajan dengan sedikit minyak panas, lalu tumis bumbu halus dan masukkan teri medan. Tambahkan tempe dan kangkung lalu masak hingga daunnya layu. Pindahkan ke cobek, ulek kasar hingga tempe sedikit hancur. Tempe penyet kangkung siap dijadikan dengan nasi hangat.

Genhype, itulah beberapa olahan tempe yang bisa kamu jadikan referensi untuk menu camilan dan lauk. Selamat mencoba resepnya di rumah!

Baca jugaJadi Google Doodle Hari Ini, Simak Resep Tempe Mendoan yang Gurih dan Praktis!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Resep Tempe Mendoan yang Gurih dan Praktis!

BERIKUTNYA

Resep Churros Ala Kafe, Kudapan Manis Gurih untuk Kumpul Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: