Para guru dan pelatih olahraga di Sumatra Barat mendapatkan panduan mengajar keterampilan dalam bermain bola basket (Sumber gambar: NBA Indonesia)

Jr. NBA Coaches Academy Latih 1.000 Guru & Pelatih Olahraga di Sumbar

27 October 2022   |   14:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jr. NBA Coaches Academy mencatat hampir 1.000 guru dan pelatih olahraga dari seluruh Provinsi Sumatra Barat hadir untuk melakukan kegiatan on-ground di Gedung Olahraga Universitas Negeri Padang (UNP). Mereka mendapat pelatihan dengan kurikulum yang mencakup pedoman dan metodologi yang harus diajarkan.

Sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima Hypeabis.id, kegiatan on-ground tersebut menghadirkan Jr. NBA Natalia Andrei Dos Santos yang memberikan panduan mengajar keterampilan dalam bermain olahraga bola basket.

“Serta menyediakan kurikulum yang disesuaikan untuk pembelajaran olahraga basket yang dikategorikan berdasarkan usia untuk mempromosikan budaya positif dalam berolahraga,” demikian tertulis.

Jr. NBA Coaches Academy merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan olahraga basket lokal dengan menghadirkan pelatihan dasar mengenai cara mengajarkan olahraga basket yang seharusnya.

Tidak hanya itu, ajang ini juga mengajarkan tentang cara membangun hubungan yang sehat antara pelatih dan pemain.

Kegiatan yang berlangsung di Sumatra Barat adalah kegiatan yang keempat setelah diadakan di DKI Jakarta, Sumatra Utara, dan Surakarta.
 

Jr. NBA Coaches Academy/Jr NBA Asia

Jr. NBA Coaches Academy/Jr NBA Asia


Dilansir dari laman jrnbaasia.com, Jr. NBA Coaches Academy adalah program pelatihan dasar secara langsung yang didedikasikan untuk membantu guru sekolah dalam belajar lebih banyak mengenai bagaimana cara mengajar bola basket kepada siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Pelatih Jr. NBA Coaches Academy terdiri dari pelatih lokal dan internasional yang diklaim sangat berkualitas dan berpengalaman. Kemudian, inti referensi materi kurikulum Jr. NBA dirancang langkah demi langkah yang mencakup pedoman dan metodologi yang harus diajarkan.

“Kami telah melatih lebih dari 94 ribu guru di seluruh Asia sejak program ini diluncurkan secara resmi di wilayah tersebut pada 2017,” demikian tertulis dalam penjelasan resmi tersebut.

Untuk diketahui, untuk mendaftar ajang Jr. NBA Coaches Academy, calon peserta dapat melakukannya secara daring atau menghubungi perwakilan yang ada di Indonesia. Tidak hanyaa itu, pelatihan ajang ini juga bebas biaya atau gratis.

Kemudian, selain guru olahraga dan pelatih basket, ajang ini juga dapat diikuti oleh guru lainnya yang tertarik untuk memelajari dasar-dasar pengajaran bola basket. Ajang pun disebutkan menyediakan konten baru setiap sesi, sehingga para peserta yang pernah ikut serta dalam kembali ikut jika menginginkannya.  

Setelah mendaftar, peserta akan mendapatkan materi dan belajar cara mengajarkan dasar-dasar bola basket menggunakan standar Jr. NBA dan cara membuatnya menyenangkan. Peserta juga akan diajarkan cara memanfaatkan Kurikulum Guru Jr. NBA untuk meningkatkan keterampilan dalam mengajar bola basket.


Natália André


Natália André yang memberikan pengajaran di ajang Jr. NBA Coaches Academy di Sumatra Barat memiliki lebih dari 13 tahun pengalaman sebagai pemain bola basket, instruktur, dan pendidik. Wanita pemain basket tersebut adalah mantan pemain profesional di Liga Bola Basket Wanita Portugis.

Dia juga seorang pelatih bersertifikat FIBA yang memegang banyak posisi kepelatihanan termasuk, Sport Algés e Dafundo di Lisbon (2011-15), NBA Basketball without Boarders camp di Portugal (2013) dan tim bola basket senior wanita Sport Algés e Dafundo (Lisbon) (2014-15).

Sang pelatih terlibat dengan program Jr. NBA sejak 2014, memimpin sesi pelatihan bola basket partisipasi massal di seluruh India untuk atlet dan pelatih muda.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Mau Bawa Koper Untuk Bepergian? Perhatikan Hal Ini

BERIKUTNYA

Salihara Hadirkan Lagi Kelas Filsafat, Yuk Cek Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: