Ilustrasi buku (Sumber gambar: Pexels/Emily)

Salihara Hadirkan Lagi Kelas Filsafat, Yuk Cek Jadwalnya

27 October 2022   |   14:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Komunitas Salihara kembali menggelar Kelas Filsafat edisi ketiga bertajuk Epistemologi: Pengetahuan dan Dunia Digital. Kelas Filsafat Salihara tahun ini akan membahas kaitan antara kehidupan manusia dengan dunia digital dan bagaimana filsafat memandang semua itu. 

Setelah membahas aspek antropologi dan etika dalam dua edisi kelas sebelumnya, pada edisi kali ini mereka akan membahas perihal epistemologi atau bagaimana duduk perkara pengetahuan manusia jika dikaitkan dengan dunia digital.

"Tindak komunikasi kita atau bagaimana cara kita mendapatkan dan memanfaatkan pengetahuan akan ditilik dari berbagai sudut yang terpenting," ujar Kurator Edukasi dan Gagasan Zen Hae dalam rilis yang Hypeabis.id terima, Kamis (27/10/2022).

Zen menjelaskan elalui kelas, para peserta akan mendapatkan berbagai perspektif pengetahuan dunia digital yang ditilik dari psikoanalisis Freud, fenomenologi Merleau-Ponty, komunikasi ganda ala Luhmann hingga etika Kantianisme dalam dunia digital melalui pemikiran Jurgen Habermas.

"Bagi peserta yang belum pernah mengikuti dua putaran sebelumnya, putaran ketiga ini tetap bisa diikuti secara lengkap," imbuhnya.

Dia mengatakan kelas filsafat ini diadakan sebagai bagian dari pendidikan alternatif tentang bidang-bidang seni dan pengetahuan yang mungkin tidak bisa didapatkan di lembaga resmi serta kampus atau sekolah. 

“Kami merancang kelas-kelas yang sebisa mungkin memberikan pengetahuan dan pencerahan baru kepada khalayak," katanya.

Menurutnya, kelas filsafat ini dapat menumbuhkan dan merawat daya kritis kita di tengah dunia yang penuh godaan, bukan hanya kehidupan modern yang kapitalistik-konsumerisme, tetapi juga hasrat beragama yang kelewat merangsek ruang publik sebagaimana terjadi akhir-akhir ini.
 


Untuk Genhype yang tertarik mengikuti Kelas Filsafat Salihara, berikut adalah jadwal lengkapnya:


1. Freud dan Media Sosial

05 November 2022
13:00 WIB
Kuliah ini adalah sebuah eksperimen untuk menginterpretasi komunikasi dalam dunia digital dengan psikoanalisis Freud. Bagaimana teknologi digital meningkatkan sekaligus memerosotkan pengenalan kita akan orang lain?


2. Merleau-Ponty dan Perjumpaan Digital

12 November 2022
16:00 WIB
Kelas ini akan membahas sejauh mana perjumpaan digital mendukung pengenalan akan orang lain dan sejauh mana memiskinkan pengenalan itu. Kuliah ini akan menggali ambivalensi epistemis ini.


3. Luhmann dan Sistem Digital

19 November 2022
13:00 WIB
Komunikasi digital membuat manusia makin terbiasa dengan komunikasi sebagai sistem. Pandangan Luhmann bahwa bukan orang-orang yang berkomunikasi, melainkan komunikasi berkomunikasi dengan komunikasi banyak menjelaskan apa yang terjadi dalam dunia digital. Kuliah ini akan mendiskusikan hal itu.


4. Habermas dan Demokrasi Digital

26 November 2022
13:00 WIB
Kelas ini akan membahas pertanyaan tentang teknologi digital yang membawa kepada kosmopolitanisme yang dicita-citakan pada filsuf Kantian termasuk Habermas. Kuliah ini akan membahas kemungkinan itu tanpa melewatkan tantangan-tantangan realitasnya.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Jr. NBA Coaches Academy Latih 1.000 Guru & Pelatih Olahraga di Sumbar

BERIKUTNYA

Simak 7 Perilaku Masyarakat Sambut Harbolnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: