Wisatawan membawa koper saat hendak berlibur. (Sumber gambar: Pexels/Asad Photo Maldives)

Mau Bawa Koper Untuk Bepergian? Perhatikan Hal Ini

27 October 2022   |   13:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Persiapan adalah hal mutlak yang dilewatkan ketika akan bepergian ke suatu daerah atau pun negara lain. Terlebih, akan menginap dalam waktu yang tidak sebentar di tempat tersebut. Salah satunya  adalah bagaimana membawa dan mengepak barang bawaan seperti baju dan lain-lainnya.

Dalam bepergian, berbagai perlengkapan harus dibawa, seperti baju, celana, pakaian dalam, dan alat mandi, kosmetik, serta berbagai keperluan lainnya. Selain ransel atau tas jinjing untuk bepergian, koper bisa menjadi pilihan bagi pelancong ketika harus memasukkan berbagai barang bawaan selama bepergian.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut koper-koper yang dapat dijadikan pilihan saat hendak bepergian.


Ukuran

Ukuran koper akan sangat menentukan kapasitas barang yang dapat dibawa oleh para pelancong ketika hendak bepergian. Jadi, langkah pertama saat bepergian adalah dengan memastikan berapa besar ukuran koper yang hendak kalian bawa.

Dalam menentukan besar ukuran koper, lihat barang-barang apa saja yang akan kalian bawa. Pastikan tidak membawa koper terlalu besar untuk barang yang sedikit atau sebaliknya, yakni koper terlalu kecil untuk barang yang banyak.

Perhatikan juga tentang aturan bagasi maksimal yang diterapkan oleh maskapai penerbangan atau pun kereta api ketika kalian menggunakan transportasi umum.


Jenis

Setelah Genhype memilih ukuran koper yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah tentukan jenis koper yang akan digunakan. Ada 2 jenis koper yang dapat dipilih oleh kalian, yakni hardcase dan softcase.

Perbedaan kedua jenis ini yang pertama adalah berat. Jika berat barang sama, koper dengan hardcase tentu lebih berat jika dibandingkan dengan koper softcase. Tidak hanya itu, setiap jenis juga memiliki kelebihannya. Jadi, pikirkan dengan matang jenis koper yang akan kalian bawa saat hendak melakukan perjalanan liburan.


Warna & Motif

Kejadian dalam film-film yang menunjukkan koper tertukar bukan tidak mungkin akan terjadi terhadap kalian. Salah satu dari berbagai cara yang ada untuk menghindari kejadian itu adalah dengan warna.

Memilih koper dengan warna terang atau mungkin jarang menjadi pilihan banyak orang akan menguntungkan kalian. Selain meminimalkan kemungkinan tertukar, koper dengan warna terang juga akan mudah untuk terlihat. Jika memungkinkan, koper yang kalian bawa juga memiliki motif yang tidak akan mungkin dimiliki oleh orang lain.


Roda

Sudah tidak seperti dahulu lagi, kini koper memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan para pelancong saat hendak bepergian. Kebanyakan koper tidak lagi dijinjing atau diangkat-angkat karena terdapat roda yang memudahkan untuk dibawa.

Roda yang tersemat di koper pun ternyata beragam. Kalian bisa memilih koper dengan roda yang memungkinkan koper dapat dibawa dengan ditarik atau didorong.


Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan adalah yang utama dan menjadi “jualan” bagi para produsen koper agar dipilih oleh para pelancong selain kenyamanan. Ada berbagai macam fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh produsen seperti pegangan dan gembok atau kunci.

Fitur pegangan yang tersemat di koper pun berbeda-beda antara satu produseun dengan produsen lainnya. Begitu juga dengan gembok atau kunci atau gembok yang dimiliki oleh koper. Terkait kunci atau gembok di koper, sejumlah negara sudah menerapkan standar kunci tertentu yang sebaiknya kalian ikuti. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Songket Palembang PaSH, Bermodal Rp150.000 Kini Produksi Ribuan Potong Perbulan

BERIKUTNYA

Jr. NBA Coaches Academy Latih 1.000 Guru & Pelatih Olahraga di Sumbar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: