Madu (Sumber gambar: Benyamin Bohl/Unsplash)

5 Obat Batuk Alami Untuk Anak-anak, Yuk Simak Moms!

22 October 2022   |   12:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hebohnya obat batuk dan pilek dalam bentuk sirup beberapa waktu belakangan mulai membuat para orang tua khawatir Pasalnya, tak sedikit yang kebingungan mencari obat alternatif alami untuk mengobati batuk dan flu yang didapat dari bahan-bahan sederhana.

Batuk memang menjadi penyakit yang bisa menyerang siapa saja, termasuk dewasa dan anak-anak. Gejala ini dapat terjadi selama berhari-hari yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan akibat virus. Karena berlangsung dalam waktu lama, tak jarang batuk bisa sangat menganggu performa dan aktivitas harian si kecil untuk bersekolah.

Apalagi, batuk kerap kali datang bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi disertai pilek yang kerap membuat anak tak bisa beraktivitas normal. Selain harus banyak istirahat dan minum air putih, ada beberapa obat alami batuk yang bisa didapat dari bahan-bahan sederhana. Yuk simak!

Baca juga: Ada Daftar 102 Obat yang diminum oleh 156 Pasien Sebelum Menderita Gagal Ginjal Akut
 

1. Jahe

jahe (Sumber gambar: Dean David/Unsplash)

jahe (Sumber gambar: Dean David/Unsplash)


Jahe telah lama dikenal sebagai obat alami anti inflamasi. Rasa jahe yang menghangatkan tenggorokan juga akan membuatnya lega. Kandungan anti inflamasi juga membuat saluran pernafasan menjadi rileks dan meredam batuk berjenis kering. Cukup rendam satu ruas jahe yang sudah dikupas dalam air hangat selama 15 menit, kemudian berikan kepada anak untuk diminum.
 

2. Kencur dan madu

Sama seperti jahe, kencur mengandung senyawa antiradang yang bisa menghilangkan infeksi. Hasil penelitian dari Wahisah dari Universitas Muhammadiyah Mangelang menyebutkan perpaduan kencur dan madu efektif untuk mengatasi batuk pada balita dan anak-anak. Kandungan madu berupa dextromethorphan juga membantu batuk kering pada anak-anak dengan rasa manis yang pasti disukai anak.
 

3. Nanas

Nanas (Sumber gambar: Nvr Endg Anupam/Unsplash)

Nanas (Sumber gambar: Nvr Endg Anupam/Unsplash)


Pernah mendengar nanas bisa membuat gejala batuk bertambah parah? Ternyata, hal tersebut adalah mitos. Kandungan agen litik pada nanas bisa membuat lender pada tenggorokan menjadi encer yang mebuat efek tenggorokan lega. Karena itu, nanas lebih cocok menjadi obat alami untuk jenis batuk berdahak. Selain itu, zat bromelain dan protease yang berperan melawan peradangan juga dipercaya mampu mengencerkan dahak.
 

4. Kunyit

Terkenal dengan kandungan curcumin, kunyit populer sebagai anti inflamasi, anti bakteri, dan anti virus sekaligus yang bisa mengobati banyak penyakit pada tubuh secara alami, termasuk batuk. Untuk anak yang sedang terkena batuk kering, rebus satu ruas kunyit yang sudah dikupas dengan sedikit campuran madu dan garam. Lalu berikan pada anak untuk diminum.
 

5. Air Garam

Garam (Sumber gambar: Jason Tuinstra/Unsplash)

Garam (Sumber gambar: Jason Tuinstra/Unsplash)


Dilansir dari Penn Medicine, studi ahli 2019 menyebutkan manfaat air garam untuk berkumur yang dapat mengurangi gejala batuk. Hal ini dikarenakan garam mengandung senyawa yang bisa mengencerkan lendir dan membunuh bakteri. Selain batuk, berkumur air garam juga efektif untuk mengobati sakit tenggorokan. Campurkan setengah sendok makan garam ke dalam air hangat, kemudian berikan pada anak untuk berkumur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

12 Ucapan di Hari Santri Nasional 2022 untuk Caption Instagram

BERIKUTNYA

Rumah Amityville yang Terkenal Horor Bikin Kepo Para Tripper

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: