Ilustrasi aplikasi maps. (Sumber gambar: Unsplash/Dan Gold)

6 Perbedaan Google Maps dan Waze, Yuk Simak Perbandingannya!

12 October 2022   |   14:26 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Peta merupakan gambaran permukaan mengenai bumi yang ditampilkan pada bidang datar. Siapa sangka jika peta bisa berkembang pesat di dunia digital yang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah gambaran wilayah, melainkan juga petunjuk arah yang akurat.

Bermacam peta digital sudha banyak ditemui di aplikasi dan platform di internet. Peta digital mampu menunjukkan lokasi yang akurat untuk bepergian, bahkan dilengkapoi fitur canggih seperti estimasi waktu hingga perkiraan cuaca.

Dua platform peta digital yang cukup terkenal saat ini ialah Google Maps dan Waze. Bahkwan Waze sudah diakuisisi oleh Google untuk mengembangkan fitur tambahan lainnya. Meski sudah diakuisisi, keduanya memiliki fungsi yang serupa namun tak sama dengan detail fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Baca juga: 8 Tempat Rahasia yang Tak Terlihat di Google Maps

Apa saja perbedaan Google Maps dan Waze? Yuk Genhype simak ulasan berikut!
 

1. Perbedaan basis aplikasi

Waze merupakan aplikasi navigasi yang menggunakan basis komunitas, sedangkan Google Maps menggunakan pendekatan dengan basis data. Dengan basis data, Google Maps memperlihatkan kepada penggunannya tentang kondisi di jalan, sedangkan aplikasi basis komunitas ssperti Waze memungkinkan untuk saling mengingatkan pengemudi mengenai kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan, lalu lintas yang padat, kontrol polisi, dan lainnya.
 

2. Fokus pengguna navigasi

Google Maps menawarkan fitur navigasi yang lebih komprehensif dimana membuat fokus navigasinya berbeda dengan Waze. Jika Waze lebih berfokus mendukung navigasi pengguna saat mengemudi kendaraan, Google Maps membuat fokus pengguna navigasinya lebih luas yang dapat berhubungan pada transportasi publik, pejalan kaki, pengguna sepeda, dan juga pengemudi kendaraan. Google Maps juga menambahkan fitur tambahan seperti informasi bisnis dan tempat terdekat yang akurat dari lokasi koordinat penggunanya.
 

Ilustrasi penggunaan maps (Sumber gambar: Cardmapr/Unsplash)

Ilustrasi penggunaan maps (Sumber gambar: Cardmapr/Unsplash)

 

3. Informasi real time

Google Maps mendapatkan manfaat dari data histori dan informasi real time, dimana estimasi mengenai kondisi jalanan akan bergantung pada lokasi waktu pada hari itu. Waze lebih fokus pada informasi real time yang berhubungan dengan pengguna, misalnya peringatan macet, kecelakaan, penutupan jalan, dan lainnya. Waze juga menyajikan rute alternatif dimana setiap datanya akan otomatis tercatat ketika aplikasi dibuka.
 

4. Kebutuhan akses internet

Untuk mengakses Waze, pengguna harus memastikan perangkat smartphone terhubung dengan data internet sebelum menggunakan aplikasi Waze. Sementara Google Maps tidak memerlukan koneksi data untuk bekerja.
 

5. Interface

Ketika Google Maps menyajikan banyak informasi pada penggunanya sejak pertama kali momen membuka aplikasi, sementara interface dari Waze tempil lebih minimalis yang berfokus memberi arahan pada pengemudi melalui petunjuk akurat secara real time.
 

6. Fitur Maps

Waze memungkinkan penggunanya untuk melaporkan kecepatan dan detail yang diperlukan oleh pengemudi. Sementara Google Maps sangat cocok untuk pengguna yang ingin mencari tujuan lokal seperti restoran, landmark, dan lainnya. Bahkan Google Maps juga memberi fitur Street View untuk memastikan pengguna mengetahui posisi sesuai dengan lokasi nyatanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Waspada, Diabetes yang Merambah Area Ini Bisa Jadi Petanda Munculnya Komplikasi

BERIKUTNYA

Minat Makin Tinggi, Art Moments Jakarta Edisi Kelima Antisipasi Peningkatan Penjualan Karya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: