ilustrasi proses pembuatan pizza roti (Sumber gambar : HappyCall Indonesia)

Cobain Yuk Bikin Piza Roti Praktis tanpa Oven

05 October 2022   |   20:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, piza telah menjadi salah satu camilan yang digemari masyarakat Indonesia. Untuk menikmati hidangan asal Italia ini, banyak diantara kita yang membelinya melalui gerai-gerai piza.

Namun, kalian juga bisa loh mengereasikan sendiri piza di rumah. Apalagi untuk membuat makanan ini kini makin mudah dan praktis, karena kalian bisa mengkreasikan piza tanpa harus membuat adonan dari tepung karena bisa menggunakan bahan yang lebih mudah diolah yaitu dari roti tawar.

Baca juga: Resep Chicken Strips, Olahan Ayam yang Nikmat untuk Jadi Camilan & Lauk

Selain itu, jika kalian enggak punya oven, bisa banget menggunakan teflon yang ada di rumah loh Genhype, baik yang teflon satu sisi maupun teflon dua sisi atau double pan. Umumnya, pizza yang dikreasikan dari roti tawar ini lebih garing dan memiliki rasa lebih gurih.

Chef Firdaus yang juga merupakan finalis Master Chef Indonesia Season 5 mengatakan memasak piza dengan menggunakan teflon sebetulnya lebih mudah dan sederhana. Apalagi bahan dasar utama yang digunakan hanya dari roti tawar.

"Kita bisa mengolah piza dengan cara sederhana menggunakan bahan baku dari roti tawar dan bisa dimasak dengan teflon yang ada di rumah," ujarnya saat melakukan demo memasak dalam perayaan ulang tahun Happy Call 14 tahun di Indonesia.

Firdaus menambahkan bahwa memasak piza dengan teflon dua sisi atau double pan sebetulnya juga hampir sama dengan memasak menggunakan oven karena panasnya akan merata di kedua bagian sisi, seperti halnya menggunakan oven yang memiliki api bawah dan api atas.

"Masak di teflon enggak cuma untuk bakar-bakaran atau menggoreng, tetapi juga bisa membuat cake atau pizza. Kalau double pan itu lebih bagus lagi karena ngga hanya matang di bagian bawah saja tapi merata hingga bagian atas," jelasnya.

Nah, bagi kalian yang ingin membuat pizza roti dari rumah menggunakan teflon, Chef Firdaus telah menyiapkan resep simple dengan bahan-bahan dan cara sederhana yang bisa kalian ikuti.
 

Bahan-bahan

10 lembar roti
100 ml susu uht
2 butir telur ayam
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1/2 sdm oregano
150 gram tomato paste
1/2 siung bawang bombay
1 biji paprika
3 lembar smoke beef
200 gram keju mozarella
 

Cara memasak

1. Potong roti tawar menjadi beberapa bagian kecil
2. Masukin potongan roti ke dalam wadah lalu campurkan dengan telur dan susu uht, aduk hingga merata
3. tata roti tawar yang sudah diaduk ke atas teflon sambil diratakan
4. Beri saus tomat di atas roti yang sudah diratakan
5. taburi oregano, potongan paprika dan smokebeef
6. taburi keju mozarella
7. masak sekitar 10 hingga 15 menit hingga matang
10. Pizza roti siap dihidangkan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Fakta Menarik Album Anyar TREASURE, Lagu HELLO Jadi Gebrakan Comeback

BERIKUTNYA

Resep Acar Kuning Timun Wortel untuk Hidangan Sampingan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: