World School Debating Championship 2017 (Dok. Kemdikbud)

5 Alat Musik Populer Khas Indonesia

21 June 2021   |   16:52 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa sih yang tidak suka menikmati musik? Ini adalah hiburan yang banyak dimanfaatkan tidak hanya untuk mengiringi acara saja tapi juga untuk suasana hati dan mengangkat semangat siapa pun yang mendengarnya.

Meskipun perkembangan alat musik saat ini makin maju, alat musik tradisional jauh dari kata punah dan masih banyak digandrungi. Selain karena keunikannya, alat musik tradisional dapat mengeluarkan suara khas yang tidak dapat dihasilkan alat musik modern.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kearifan seni dan budayanya. Kesenian Indonesia sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah musik tradisional. Indonesia memiliki beragam alat musik tradisional dari Sabang sampai Merauke.

Di antaranya ada beberapa alat musik tradisional Indonesia yang mendunia. Genhype tahu enggak apa saja alat musik tersebut?

1. Angklung
 

Angklung (Dok. Centre for Research and Development of Culture Indonesia)

Angklung (Dok. Centre for Research and Development of Culture Indonesia)


Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun sedemikian rupa, sehingga ketika digetarkan atau digoyang menghasilkan suara yang begitu merdu dan khas.

Angklung harus dimainkan oleh banyak orang untuk dapat menghasilkan nada yang indah, karena satu angklung mewakili satu tangga nada.

Tidak hanya diapresiasi oleh warga negara Indonesia, angklung telah membuat banyak turis asing jatuh cinta karena keunikan dan keindahan suaranya. Banyak dari mereka datang ke Indonesia dan mencoba mempelajari alat musik angklung tradisional.

Tak heran jika UNESCO kemudian mengakui angklung sebagai Warisan Budaya Dunia dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Pada tahun 2011, alat musik angklung kembali menorehkan prestasi internasional. Guinness Book of World Records telah menetapkan rekor dunia untuk harmoni instrumen angklung.

Pencapaian ini melibatkan kurang lebih 5.000 peserta dari berbagai negara di dunia yang bermain angklung bersama di Washington, Amerika Serikat. Saat itu mereka membawakan lagu “We Are The World” oleh Michael Jackson.

2. Gamelan
 

Gamelan (Dok. Indonesia Kaya)

Gamelan (Dok. Indonesia Kaya)
 

Gamelan merupakan gabungan alat musik yang menampilkan gambang, metalofon, kendang dan gong. Irama musik gamelan lembut dan memiliki melodi yang khas.

Serupa dengan alat musik angklung, gamelan juga harus dimainkan secara bersama-sama dalam sebuah komposisi musik. Kebersamaan dalam memainkan gamelan mencerminkan keharmonisan dan kerjasama.

Hebatnya, beberapa negara di dunia memasukkan gamelan Indonesia ke dalam kurikulum pendidikannya. Universitas-universitas top dunia bahkan menjadikan gamelan sebagai mata pelajaran yang harus dipatuhi mahasiswa.

Misalnya UCLA, University of Minesota dan University of Michigan di Amerika Serikat. Kemudian di Inggris ada Cambridge University dan University of Manchester.

Sedangkan di Singapura, gamelan diterapkan sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

3. Sasando

 

Sasando (Dok. https://rotendaokab.go.id/)

 

Sasando (Dok. https://rotendaokab.go.id/)


Sasando adalah alat musik petik yang dimainkan dengan cara dipetik, menghasilkan melodi musik yang indah dan romantis. Sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sasando memiliki bentuk yang cukup unik menyerupai tempurung dengan bambu di tengahnya. Sasando menghasilkan suara yang mirip dengan gitar, biola, harpa, dan alat musik petik lainnya.

Alat musik sasando dibawakan oleh Djitron Koriyon Pah asal Indonesia pada ajang Asia's Got Talent tahun 2015, hingga akhirnya penampilannya membawa Djitron dan keluarganya keliling dunia.

4. Tifa
 

Tifa (Dok. Indonesia Kaya)

Tifa (Dok. Indonesia Kaya)


Tifa berasal dari Indonesia bagian timur, yakni di Papua dan Maluku. Tifa terbuat dari kayu, berbentuk seperti tabung, dan dimainkan dengan cara dipukul di permukaannya.

Alat musik ini biasanya dimainkan pada saat upacara adat dan pertunjukan musik, serta tarian tradisional.

Tifa merupakan jenis alat musik yang hanya memiliki satu suara, sehingga Tifa dapat menjadi suara utama dan dapat menjadi pengatur ritme saat dimainkan dengan alat musik lainnya.

Alat musik Tifa di Papua dan Maluku memiliki bentuk yang berbeda.

Di Papua, bagian tengah tifa lebih melengkung dan memiliki pegangan di bagian tengah. Tifa di Maluku berbentuk tabung dan tidak memiliki pegangan. Tifa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Jekir, Potong, Dasar dan Bass.

5. Kolintang
 

Kolintang (Dok. Indonesia Kaya)

Kolintang (Dok. Indonesia Kaya)


Kolintang atau Kulintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara. Kolintang terbuat dari kayu yang disusun dan dimainkan dengan cara memukul permukaan kayu.

Sudah ada sejak zaman dahulu yang digunakan masyarakat untuk mengiringi ritual adat yang berhubungan dengan arwah leluhur.

Kolintang dikenal luas di masyarakat Minahasa dan sering dimainkan pada acara tari dan musik tradisional.


Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Hari Yoga Internasional, Ini 5 Aplikasi yang Bisa Kalian Pakai Untuk Latihan Yoga

BERIKUTNYA

Desain Stylish & Praktis Koleksi Musim Panas Cole Haan Cocok untuk OOTD

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: