Ilustrasi vegan food (Sumber Unsplash/ Victoria Shes)

Yuk, Mulai Konsumsi Makanan Sehat untuk Kurangi Pemanasan Global

19 September 2022   |   08:00 WIB

Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi baik ternyata juga memberikan dampak positif untuk membantu menyelamatkan bumi loh, Genhype. Selain mengurangi penyakit pada kita, ternyata dengan menerapkan gaya hidup ini juga dapat membantu mengurangi pemanasan global yang saat ini sudah terjadi di dunia.

Max Mandias, salah satu dari Co-founder dan executive chef dari Burgreens, sebuah restoran berkonsep makanan sehat di Indonesia mengungkap, dengan menerapkan pola makan yang baik seperti sayur-sayuran memang dapat menurunkan potensi global warming.

“Selain melakukan recycle, aku menyarankan untuk mengkonsumsi sumber nabati daripada hewani karena ini akan menurunkan potensi global warming yang ada sekarang,” papar Max dalam sesi diskusi Creatalks di Playfest 2022, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mayoritas Orang Indonesia Kurang Makan Sayur & Buah

Sosok yang juga dikenal sebagai ahli nutrisi itu pun saat ini mengaku optimis dengan tren posistif yang dilakukan anak-anak muda Indonesia  yang mana mereka mulai sadar terhadap kesehatan dan lingkungan.

“Trennya tuh positif banget ya, dari apa yang dimakan dan yang dipakai sehari-hari, mereka lebih sadar dan teliti, baik itu buat kesehatan, lingkungan, dan yang lain,” kata  Max.

Sementara itu,saat disinggung mengenai bisnisnya di bidang food health, Max mengatakan terinspirasi dari jurnal yang dia baca saat tinggal di Belanda, bahwa apa yang masuk ke tubuh seseorang juga akan mempengaruhi kesehatan mental mereka.

“Itu akhirnya yang membuat gua untuk pulang ke Indonesia dan membuat makanan yang ramah lingkungan dengan mengambil dari produksi lokal petani-petani di Indonesia,” papar Max.
 

(tengah) Chief Innovation Officer and Co-founder Green Rebel, Max Mandias (tengah) berbicara saat sesi talkshow dengan tema youngsters nowadays: conclusious consumption to sustain dengan didampingi Senior Brand Manager Danone-Aqua Floria Tobing (kiri) dan Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Herlambang (kanan) di acara Playfest 2022, Jakarta, Sabtu (17/9). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

(tengah) Chief Innovation Officer and Co-founder Green Rebel, Max Mandias (tengah) berbicara saat sesi talkshow dengan tema youngsters nowadays: conclusious consumption to sustain dengan didampingi Senior Brand Manager Danone-Aqua Floria Tobing (kiri) dan Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Herlambang (kanan) di acara Playfest 2022, Jakarta, Sabtu (17/9). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)


Dia mengatakan dengan mengambil langsung bahan-bahan sayur dari petani, kita tidak hanya memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi tapi sekaligus dapat menciptakan ekosistem kemandirian pangan.
 
“Jadi dengan kita untuk memilih bahan sayur yang berbasis nabati, seperti kacang hijau atau kacang tanah akan memberikan dampak yang cukup signifikan terutama ekonomi. Terlebih sebagian besar penduduk kita adalah petani, bukan peternak,” imbuh Max.

Lebih lanjut, dia juga mengungkap bahwa bisnis yang dia jalankan saat ini terus berkembang secara organik karena makin banyak anak muda yang sadar terhadap pola hidup sehat dan sadar terhadap perubahan iklim.

Dia pun menegaskan akan terus melakukan inovasi dalam mengolah makanan-makanan sehat dan mengemasnya dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat diolah kembali untuk mengurangi sampah plastik.

“Kenapa kita harus melakukan ini? Karena ingin membuat alternatif bagi orang-orang yang memang mau melakukan perubahan pada bumi agar lebih baik,” ujar Max.

Sekedar informasi, Max Mandias adalah pemilik restoran berkonsep makanan sehat, Burgreens, yang terletak di Dharmawangsa dan Pacific Place Jakarta serta di kota lain Indonesia. 

Melalui restorannya ini, dia banyak menyajikan makanan vegan fast food sehat dari bahan-bahan-bahan yang bersifat organik untuk mereka yang ingin memulai pola hidup sehat dan menumbuhkan kesadaran terkait perubahan iklim global.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

5 Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Ada di Diet Harian

BERIKUTNYA

Drama Korea Big Mouth Sad Ending, Penonton Ramai-ramai Protes di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: