Angel Falls di Venezuela (Sumber gambar : TripAdvisor/Victor D)

5 Wisata Alam Venezuela yang Pas Buat Healing

17 September 2022   |   12:06 WIB

Nama Venezuela dalam beberapa waktu terakhir ramai disebut setelah presiden negara ini, Nicolas Maduro menyatakan pihaknya siap memasok minyak dan gas di pasar global. Pernyataan itu disampaikan langsung Maduro kepada Sekretaris Jenderal OPEC Haitham Al-Ghais, di tengah krisis minyak dunia akibat perang Rusia dan Ukraina.

Selain sebagai negara penghasil minyak, Venezuela memiliki beberapa tempat wisata yang bisa menjadi alternatif liburan kamu nih, Genhype. Berbatasan dengan Brasil dan Laut Karibia, Venezuela yang merupakan negara bagian Amerika Selatan ini memiliki wisata alam yang cukup menarik.

Baca juga: 8 Spot Wisata Ramah Kantong di Kota Minyak Balikpapan

Intip yuk apa saja wisata di sana, berikut daftarnya:


1. Angel Falls

 

Terletak di Gran Sabana, Venezuela, Angel Falls atau Air Terjun Malaikat ini merupakan air terjun tertinggi di dunia. Berada di ketinggian 987 meter di bawah permukaan laut, air yang jatuh dari puncak Angel Falls sepanjang 807 meter.

Air terjun ini awalnya dikenal sebagai Kerepakupai Vená, atau jatuh dari titik tertinggi oleh penduduk asli setempat. Nama itu kemudian diubah menjadi Angel Falls untuk menghormati Jimmie Angel, seorang penerbang AS yang pertama kali terbang di atas air terjun tersebut.

Untuk sampai ke sana, kamu harus menyusuri Sungai Carrao, tepat di jantung Taman Nasional Canaima. Di kota kecil Canaima, ada sebuah bandara yang mengirim wisatawan uuntuk melihat air terjun dari puncak. Bila ingin berkunjung ke Angel Falls, datang pada musim kemarau ya, tepatnya Juni hingga Desember untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.


2. Taman Nasional Canaima

 

Canaima masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada 1994 karena menawarkan ratusan air terjun dengan keindahannya, sungai panjang, dan laguna air merah. Taman Nasional Canaima juga merupakan hutan tropis dengan ragam satwa liar yang menawarkan pemandangan unik hingga rahasia mistis. 

Di taman nasional ini, terdapat pegunungan yang tidak biasa dengan puncak yang tampak seperti dipotong-potong, dan dikenal sebagai Tepuis/Tepui. Merupakan Gunung Roraima, lereng curamnya terdiri dari batu pasir keras. Di puncak gunung terdapat banyak lubang reruntuhan yang ukurannya mencapai 300 meter.

Untuk menikmati keindahan alam di Taman Nasional Canaima, kamu bisa menggunakan kano untuk menyusuri sungai atau pesawat kecil untuk melihatnya dari atas. 


3. Taman Cagar Alam El Guacharo

 

Cagar alam ini terbagi menjadi dua bagian, antara lain pegunungan dan sungai. Memiliki luas 627 kilometer, El Guacharo menjadi tempat menarik untuk kamu para penjelajah maupun wisatawan. 

Kau bisa menyusuri Gua Guacharo yang panjangnya 10,2 km. Namun demikian, yang bisa diakses turis hanya 1,2 km. Gua karst ini terdiri dari banyak lorong dengan stalagmit dan stalaktit. Gua-gua ini adalah rumah bagi burung endemik guajaro nokturnal yang terbang keluar dari tempat perlindungan mereka dalam jumlah ribuan di malam hari untuk mencari makanan. 

Selain menyusuri gua, kamu bisa menyambangi air terjun Salto La Paila yang sangat indah. Cagar alam ini juga memiliki spesies langka dan unik. Kalau mau berkunjung, waktu terbaik untuk datang adalah pada bulan Desember-April ya. 


4. Isla Margarita

 

Setelah menjelajah alam pegunungan, jangan lupa untuk bermain ke pantai. Kamu bisa mengunjungi Isla Margarita, pula terbesar di lepas pantai timur laut Venezuela. 

Pulau ini memiliki 50 pantai dan bisa kamu manfaatkan untuk berselancar, layang-layang, berenang, atau berjemur. Sebagai contoh Pantai Puerto de la Cruz yang disebut sebagai mutiara Laut Karibia. Isla Margarita juga cukup populer di kalangan para turis karena berbelanja di pelabuhan di sana bebas bea cukai. 

Isla Margarita juga memiliki beberapa kota besar, termasuk La Asuncion, ibu kota negara bagian Venezuela, Nueva Esparta. Christopher Columbus menjadi orang Eropa pertama yang menginjak pulau itu, pada 1498.
 

5. Los Roques

 

Menjadi salah satu berlian di Venezuela, Los Roques adalah rumah bagi sekitar 200 ngarai dan pulau. Taman Nasional Kepulauan ini diciptakan pemerintah Venezuela pada 1972 sebagai upaya untuk melindungi ekosistem laut dengan keindahan ekologi yang menakjubkan.

Taman laut terbesar di Laut Karibia ini merupakan habitat terumbu karang yang menjadi rumah bagi flora dan fauna bawah Laut Karibia. Los Roques memiliki pantai pasir putih dan tempat yang pas untuk kamu melakukan olahraga air seperti menyelam, snorkeling, hingga berselancar. Tempat ini juga pas untuk kamu yang mencari pantai tropis dengan lingkungan terpencil dan damai.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Resep Nasi Kuning Rice Cooker yang Praktis & Lezat

BERIKUTNYA

Playfest 2022 Siap Gebrak Istora Senayan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: