Ilustrasi pizza. (Sumber gambar: Unsplash)

Resep Pizza Loyang ala Pizza Hut, Praktis & Mudah Dibuat

14 September 2022   |   21:30 WIB

Ada beragam jenis pizza yang dibuat di dunia, baik pizza khas sebuah daerah maupun khas sebuah restoran. Kendati identik sebagai makanan khas Italia, pizza kini banyak memiliki versi dan ragam di semua negara. Salah satunya adalah pizza dari restoran Pizza Hut.

Dikenal sebagai gerai pizza pertama di Indonesia, Pizza Hut memiliki pizza yang khas dengan loyang bulat dan bentuk pizza dengan pinggiran yang tebal.

Baca juga: Berbeda Rasa hingga Bentuk, Ini 4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui

Tidak hanya itu, pizza ini juga merupakan salah satu yang populer di kalangan masyarakat sehingga ketertarikan untuk membuat resep serupa di rumah menjadi cara untuk mengobati rindu akan pizza ini.

Dengan durasi kurang lebih dua jam dan sajian untuk 3-7 orang, yuk intip cara membuat pizza.


Bahan-bahan

Adonan
1,2 kg tepung terigu serbaguna
420 ml air hangat
78 gram susu bubuk
19 gram gula pasir
9 gram ragi
39 ml minyak sayur
3 gram garam
Tambahan minyak secukupnya

Saus
302 gram saus tomat
6 gram oregano kering
3 gram daun kemangi

Topping
604 gram keju mozzarella
Sosis sapi/ayam yang sudah dimasak, secukupnya
Daging giling yang sudah dimasak


Cara membuat

1. Campurkan bahan-bahan saus dan aduk rata. Biarkan selama satu jam.

2. Buat adonan dengan mencampurkan ragi, gula pasir, garam, dan susu bubuk di dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan air dan aduk rata dan biarkan selama dua menit.

3. Masukkan minyak ke dalam adonan dan campurkan hingga merata. Setelah itu, campurkan tepung terigu dan aduk sampai membentuk adonan dan semua tepung tercampur rata.

4. Pindahkan adonan ke permukaan rata yang dilapisi sedikit tepung, lalu uleni selama 10 menit. Penambahan tepung bisa dilakukan sesekali sesuai kebutuhan hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket pada permukaan.

5. Setelahnya, bagi adonan menjadi tiga hingga empat bulatan. Sambil melakukannya, siapkan loyang bulat berdiameter 20 hingga 22 cm dengan melapisinya menggunakan minyak goreng secara merata pada semua permukaan loyang.

6. Setelahnya, siapkan adonan yang dibentuk bulat dengan meratakannya hingga membentuk bulat sesuai diameter loyang. Letakkan adonan di dalam loyang setelah sudah rata.

7. Berikan minyak pada bagian pinggiran loyang. Lalu, biarkan adonan mengembang selama 60-90 menit. Sambil menunggu adonan, panaskan oven ke suhu 250 derajat Celsius.

8. Saat adonan sudah mengembang, lakukan pemberian topping dari saus tomat, keju mozzarella yang sudah diparut, dam daging yang sudah dimasak. Akhiri tahapan ini dengan memberikan keju di atas daging.

9. Panggang pizza selama kurang lebih 10-15 menit atau hingga semua keju meleleh dan pinggiran adonan menjadi berwarna kecoklatan. Angka ini bisa disesuaikan dengan kondisi pizza.

10. Setelah matang, keluarkan pizza dair oven dan biarkan selama 2-3 menit sebelum dilepas dari loyang. Gunakan alat pemotong pizza atau pisau dan bagi sesuai selera. Sajikan dalam keadaan panas.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Langkah Awal Berani Keluar dari Zona Nyaman

BERIKUTNYA

7 Tayangan Keluarga Netflix yang Bakal Hadir 2022 sampai 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: