Ilustrasi calon peserta sekolah kedinasan (sumber gambar: instagram.com/bkngoidofficial)

5 Daftar Sekolah Kedinasan Favorit, Abis Lulus Langsung Jadi PNS

30 August 2022   |   22:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sekolah kedinasan memang selalu jadi primadona bagi lulusan SMA, SMK, dan sekolah sederajat lain untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Bagaimana tidak, sekolah kedinasan menjanjikan para lulusannya nanti otomatis jadi pegawai negeri sipil (PNS).

Umumnya, sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola institusi pemerintah. Oleh karena itu, setiap orang yang masuk di dalamnya memang dipersiapkan untuk menjadi abdi negara.

Peserta yang telah lulus di sekolah kedinasan pun akan langsung masuk ikatan dinas. Alasan-alasan tersebut membuat sekolah kedinasan tak pernah sepi peminat. Sekolah mana lagi coba yang menjanjikan para lulusannya langsung jadi PNS?

Data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) per (28/4), atau dua hari jelang penutupan pendaftaran, tahun ini tercatat ada 473.234 orang yang telah membuat akun untuk mendaftar ke sekolah dinas yang akan dipilihnya.

Nah, Hypeabis.id telah merangkum lima daftar sekolah kedinasan favorit para lulusan SMA setiap tahunnya. Apa aja? Simak yuk!

1. PKN STAN

Sudah diketahui sejak lama, Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN memang jadi salah satu sekolah ikatan dinas favorit para lulusan SMA. Sekolah kedinasan ini dikelola langsung di bawah Kementerian Keuangan.
BKN mencatat per April 2022, STAN jadi sekolah dinas yang diminati banyak orang. Jumlah peminatnya mencapai 22.895 pelamar.

Dahulu, nama populer perguruan tinggi ini ialah STAN. Namun, sejak 2015 berganti nama menjadi PKN STAN. Lulusan PKN STAN diproyeksikan menjadi PNS di lingkungan Kemenkeu. Terkait dengan program studi apa saja yang dibuka, PKN STAN punya beberapa jurusan yang bisa dipilih, nih.

Untuk jurusan akuntansi, PKN STAN punya pilihan D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi. Bagi yang ingin bergelut di dunia pajak, kamu bisa memilih jurusan D-III Pajak, D-III PBB/Penilai, dan Diploma I Pajak. Kalau tertarik dengan kepabeanan dan cukai, kamu bisa memilih jurusan D-III Kepabeanan dan Cuka atau D-1 Kepabeanan dan Cukai.

Nah, terakhir ada jurusan manajemen keuangan yang membuka D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara.
 

2. IPDN

Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN juga bakal langsung bekerja di institusi pemerintahan. Tak pelak, sekolah kedinasan ini juga jadi buruan para lulusan SMA. Data BKN mencatat ada 22.564 pelamar yang mendaftarkan diri ke IPDN.

IPDN sendiri merupakan sekolah dinas yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Beberapa program studi yang bisa dipilih ialah Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Pemerintah, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Pemerintahan.
 

3. STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik juga tak kalah favorit dari STAN. Peminatnya cukup banyak setiap tahunnya. STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola Badan Pusat Statistik (BPS).

Sekolah kedinasan ini biasanya menjadi favorit bagi mereka yang suka banget sama statistik dan matematika. Ya, siapa coba yang enggak mau menggeluti pelajaran favoritnya sekaligus bisa langsung jadi PNS.

Data BKN per (28/4), sebanyak  16.089 orang melamar ke STIS. Jumlah itu membuat STIS jadi sekolah dinas nomor tiga dengan jumlah pelamar paling banyak di antara sekolah dinas lain. Untuk program studi, STIS membuka jurusan statistik dan komputasi statistik. Jadi, tinggal pilih sesuai dengan keinginan.
 

4. STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN juga menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia. Lulusan STIN sangat dibutuhkan oleh negara untuk tujuan intelijen.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat STIN berada di urutan keempat sebagai sekolah kedinasan dengan pelamar terbanyak. Melalui unggahan Instagramnya (28/4), BKN menyebut ada 9.100 pelamar yang mendaftar ke STIN.
STIN sendiri membuka beberapa jurusan yang bisa kamu pilih, mulai Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen.
 

5. STMKG

Buat yang suka dengan jurusan meteorologi dan geofisika, Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMG) bisa jadi pilihan menarik. Kampus ini juga berada di bawah naunggan BMKG, lo. Jadi, setelah lulus nanti kamu bisa ditempatkan di kantor-kantor BMKG.

STMKG membuka program studi D-IV dengan jurusan meteorologi dan klimatologi. Menurut data BKN per 28 April 2022, sebanyak 8.013 pelamar mendaftar ke STMKG.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Tambah Jadwal Tur, NCT 127 Bakal Mampir ke Jakarta

BERIKUTNYA

Film Animasi Jumbo Ajak Anak-Anak Berpetualang Seru dalam Persahabatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: