Jembatan Ampera (Sumber gambar: Voxeu/Pixabay.com)

5 Destinasi Wisata Palembang yang Wajib Kamu Kunjungi

30 August 2022   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Palembang, sebuah kota yang identik dengan Bumi Sriwijaya yang menempatkannya sebagai kota tertua di Indonesia. Tak hanya akrab dengan kulinernya, Palembang memiliki keanekaragaman budaya dan latar belakang sejarah yang bernilai tinggi.

Dengan penduduk lebih dari 1,6 juta, ibukota Sumatera Selatan ini akrab dengan event olahraga tingkat Asia hingga Internasional, contohnya saat penyelenggaraan SEA GAMES 2011 dan ASIAN GAMES 2018 lalu.

Penuh dengan kisah prasejarah, pada abad ke-19 Palembang pernah menjadi ibukota kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara, yakni Kerajaan Sriwijaya. Telah berdiri selama 1337 tahun, Palembang memiliki kekayaan destinasi wisata yang wajib Genhype kunjungi. Yuk simak!

Baca juga8 Spot Wisata Ramah Kantong di Kota Minyak Balikpapan


1. Jembatan Ampera

Menjadi ikon andalan kota Palembang, Jembatan Ampera sebenarnya berfungsi menghubungan wilayah Ulu dan Ilir di Palembang. Seperti diketahui, Palembang memiliki dua wilayah yang terbelah oleh sungai Musi, sehingga jembatan Ampera dikatakan sebagai penghubungnya. Dengan panjang 1000 meter, Jembatan Ampera menawarkan keindahan bagi siapapun yang melewatinya.

Tak hanya bisa melihat Jembatan Amerpa dari kejauhan, sekarnag Genhype bisa menikmati eloknya Jembatan Ampera dari layanan Light Rail Transit (LRT) yang persis melewati jembatan berwarna merah tersebut.
 

2. Benteng Kuto Besak

Teletak di sisi Ilir wilayah Palembang, Benteng Kuto Besak berada persis di sebalah Jembatan Ampera dengan tepian sungai Musi. Kawasan ini menyediakan wisata sejarah bangunan tahun 1978 yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Pengunjung bisa menikmati banyak jajanan yang terdapat di alun-alun Benteng Kuto Besak khususnya saat malam hari.
 

3. Museum Balaputradewa

Lengkap dengan koleksi zaman sejarah berjayanya Kerajaan Sriwijaya, Museum Balaputradewa merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi jika menyukai sejarah. Genhype akan menemukan banyak koleksi benda hingga pakaian di era kesultanan dahulu.

Tak hanya itu, kamu akan disajikan koleksi arca budaya dari zaman megalitikum yang pernah berada di Sumatera Selatan, hingga rumah Limas yang terpampang dalam uang Rp10.000.
 

4. Bukit Siguntang

Masih tentang wisata sejarah, kamu bisa melancong ke wilayah Ilir Barat I, Palembang untuk melihat sejarah panjang kebesaran agama Buddha di zaman Kerjaaan Sriwijaya. Didalamnya terdapat arca Buddha dengan tinggi lebih dari 2 meter yang dibuat dari batu granit. Bukit Siguntang pernah menjadi tempat ibadah penganut Buddha pada masanya.
 

5. Pulau Kemaro

Pulau yang terletak di tengah Sungai Musi ini menyimpan banyak situs yang akrab dengan sejarah multikultural masyarakat Palembang. Genhype akan menemukan Pagoda, berbagai klenteng, hingga pohon cinta.

Baca jugaWisata Antimainstream ke Pulau Kemaro, Ada Legenda Suci Hingga Pohon Cinta

Pohon cinta menjadi salah satu ikon yang paling terkenal dari Pulau Kemaro. Memiliki sejarah romantis, konon pohon cinta memiliki legenda unik tentang Siti Fatimah dan Tan Bun An yang yang keduanya memiliki latar budaya yang berbeda. Ada mitos yang menyebutkan jika siapapun yang menulis nama serta pasangannya di sekitar pohon ini akan membuat hubungan menjadi langgeng.

Genhype, itulah beberapa destinasi wisata kota Palembang yang wajib kamu kunjungi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Ini Cara Rencanakan Liburan Hemat Tanpa Ribet

BERIKUTNYA

Begini Geliat Pasar Seni Rupa Indonesia Seiring Meredanya Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: