Sebanyak 17 desainer dan jenama lokal akan mengikuti Front Row Paris 2022 (Sumber gambar: IFC)

Gaet Pasar Eropa, Indonesian Fashion Chamber Bawa 17 Desainer & Jenama Lokal ke Paris

24 August 2022   |   18:26 WIB

Setelah sempat absen akibat pandemi, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama rombongan desainer lokal akan kembali mengikuti ajang fesyen internasional, LA MODE Sur La Seine à Paris yang kini berganti nama Front Row. Sebanyak 17 desainer dan jenama lokal akan mengikuti ajang tersebut untuk memperkenalkan karyanya di pasar Eropa.

Para desainer dan jenama lokal yang akan mengikuti perhelatan itu, yakni  Ali Charisma, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, NY by Novita Yunus, Rose.Ma.Lina x Sofie, Phillip Iswadono, Roemah Kebaya Vielga, LAELYIND, Putri Anjani by Pranaliving, BBPPMV BISPAR x SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Hikmat Fashion, ISWI Fashion Academy, dan Tenun Gaya by Wignyo.

Baca juga: Desainer Jenahara Bicara Komunitas Hijab & Kiblat Industri Halal Fesyen Dunia

Seluruh partisipan tersebut nantinya akan menampilkan koleksi busana konvensional hingga busana muslim dengan keragaman konten lokal sesuai tren global, dan menerapkan konsep sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan yang sedang menjadi perhatian fesyen dunia. 
 

f

Sumber gambar: Indonesian Fashion Chamber

National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma, mengatakan partisipasi IFC bersama para desainer lokal merupakan konsistensi pihaknya untuk kembali menggaungkan fesyen Indonesia di kancah Eropa. Hal itu, katanya, sejalan dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen dunia.

Dengan berganti nama menjadi Front Row, Ali mengatakan kegiatan ini ditargetkan tak hanya digelar di kapal pesiar yang menyusuri Sungai Seine di Paris, Prancis, melainkan dapat diselenggarakan juga di tempat dan kota-kota lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. 

Front Row merupakan program berkelanjutan The Fashion Journey IFC dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi desainer Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, antara lain Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fesyen dunia.

"Kami tentu berharap event Front Row Paris dapat memberikan hasil lebih optimal, karena ini kegiatan ketiga kalinya yang kami selenggarakan di Kota Paris," katanya dalam keterangannya yang diterima Hypeabis.id, Rabu (24/8/2022).
 

ff

Sumber gambar: Indonesian Fashion Chamber

Dengan adanya kegiatan ini, Ali pun berharap akan semakin banyak media dan pembeli dari negara-negara di Eropa yang hadir dan membuka peluang kerjasama bisnis ke depannya dengan para desainer Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, para desainer Indonesia dapat melihat langsung dan mempelajari kebutuhan produk fesyen di pasar Eropa," terangnya.
 

Rangkaian Kegiatan

Tahun ini, Front Row yang meliputi kegiatan fashion showcase, business matching, dan pop up store ini diselenggarakan di Kota Paris, Prancis.

Pada 3 September 2022, akan digelar trunk show dan photo shoot di Kapal Pesiar Chansonnier (Bateux Chansonnier). Bermula dari Pelabuhan Debilly, kapal pesiar tersebut akan menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris.

Keesokan harinya, tanggal 4 September 2022 dilanjutkan dengan kegiatan fashion show, business matching, dan pop up store di La Galerie Bourbon, Kota Paris, yang dihadiri oleh buyer dan media internasional. 

Untuk lebih mengenali pangsa pasar di Eropa, rombongan desainer Indonesia yang mengikuti Front Row Paris ini akan melakukan fashion tour ke Kota Brusel, Amsterdam, dan Paris untuk mengunjungi museum dan fashion district yang terkait erat dengan sejarah dan perkembangan fesyen dunia.

Baca juga: Dukung Desainer Lokal ke Pasar Global, Kemendag Gelar Parade Fesyen Brand Indonesia

Adapun, keseluruhan kegiatan The Fashion Journey IFC ini akan berlangsung pada tanggal 29 Agustus sampai 5 September 2022.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Disney+ Garap King Kong 1993 Jadi Serial Live Action

BERIKUTNYA

Waspada Gejala Flu Tomat, Virus Baru yang Serang Anak-Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: