Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Unsplash/Dylan Gillis)

11 Cara Membentuk Tubuh Ideal, Tidak Sulit Kok

22 August 2022   |   19:40 WIB

Bentuk tubuh ideal tentu menjadi impian semua orang. Apalagi bagi remaja, bentuk tubuh ideal menjadi keharusan karena dinilai memengaruhi penampilan. Kendati demikian, untuk mencapai bentuk tubuh ideal bukanlah hal yang mudah. 

Diperlukan konsistensi dan metode yang tepat agar tubuh menjadi ideal. Praktisi Gizi Jansen Ongko memiliki beberapa kiat untuk membentuk tubuh ideal, terutama bagi remaja. Berikut paparannya yang bisa dipertimbangkan seperti dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend edisi 1 Januari 2017: 

Baca juga: 4 Olahraga Mudah untuk Menghilangkan Lemak Perut
 

1. Pastikan sumber makanan alami dan sehat 

Diet akan lebih mudah bila sumber makanan yang dikonsumsi dominannya adalah alami, bukan makanan cepat saji atau makanan dalam kemasan. Makanan alami tidak menimbulkan ketagihan dan keinginan berlebih karena tidak seenak makanan cepat saji atau makanan kemasan. “Jangan percaya kalau ada makanan kemasan yang mengesankan itu adalah makanan sehat. Sebaiknya perhatikan komposisi makanan dan cara pembuatannya,” ujarnya. 
 

2. Penuhi asupan protein dari sumber berkualitas 

Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan turunnya otot dan metabolisme. Protein juga bisa menekan nafsu makan. Penuhi kebutuhannya dari kombinasi berbagai sumber hewani dan nabati. Hindari produk makanan tinggi protein seperti daging kalengan atau makanan kemasan seperti sosis. 
 

3. Penuhi asupan karbohidrat dari sumber dan waktu yang tepat 

Jangan menghindari karbohidrat tetapi makanlah sesuai kebutuhan. Asupan karbohidrat boleh dikurangi dengan menambah asupan sayuran, protein, dan lemak sehat. 
 

4. Penuhi asupan lemak dari sumber berkualitas 

Jansen menjelaskan, salah satu kunci sukses diet adalah pandai mengatur rasa kenyang dan keinginan untuk makan. Lemak memang mengandung kalori tinggi tetapi memiliki efek rasa kenyang dalam jangka waktu lama. 
 

5. Perbanyak sayur dari sumber beragam 

Makanan berserat seperti buah dan sayur efektif meredam rasa lapar tanpa harus makan dalam jumlah kalori besar. Serat membuat perut terasa penuh karena efeknya menyerap air. Selain itu, makanan berserat tinggi juga kaya akan vitamin, rendah kalori, dan membutuhkan banyak kunyahan sebelum bisa ditelan. 
 

6. Pahami sinyal lapar fisik yang sebenarnya 

Saat sedang bosan atau emosi, kita biasanya tergoda untuk makan. “Istilahnya tidak lapar tetapi dilaparlaparin,” ujarnya. Jika sering terjadi dan dibiarkan, kebiasaan ini dapat meningkatkan berat badan. Solusinya adalah minum banyak air, menjauhkan camilan, dan mengalihkan perhatian dari makanan. 
 

7. Memantau perkembangan dengan benar 

Proporsi tubuh ideal bukan hanya angka di timbangan. Idealnya, menimbang badan sebaiknya dilakukan setelah bangun pagi dan buang air kecil. Itu adalah saat ideal untuk mengukur kadar lemak tubuh karena belum masuk makanan dan minuman apapun. Selain angka berat badan, beberapa indikator lainnya seperti kadar lemak tubuh, ukuran badan, ukuran pakaian, kesehatan tubuh, dan kekuatan fisik juga bisa dipertimbangkan. 
 

8. Sarapan sehat 

Makanan yang tepat untuk sarapan adalah tinggi sumber protein yang minim proses, dipadukan dengan karbohidrat tinggi serat. “Contohnya telur, pisang atau apel, dan segelas susu,” tambahnya. 
 

9. Istirahat teratur 

Idealnya tidur selama 8 jam sehari. Selain baik untuk regenerasi sel dan organ bagian dalam, jam tidur yang tidak beraturan juga berpotensi menimbulkan rasa lapar di tengah malam. 
 

10. Berolahraga dengan benar 

Olahraga mendatangkan manfaat besar jika dilakukan dengan benar. Jika dilakukan berlebihan atau sembarangan, olahraga justru akan merugikan karena berpotensi menimbulkan cedera. Olahraga juga bisa dilengkapi dengan memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki. 

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Cocok Buat Kalian yang Super Sibuk
 

11. Memiliki manajemen stres yang baik 

Usia muda bukan jaminan terhindar dari stres. Masalahnya, terdapat koneksi antara stres dan berat badan. Jansen menjelaskan, banyak orang yang melampiaskan masalah mereka kepada makanan sehingga meningkatkan berat badan.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Alasan Kenapa Mobil & Motor Kalian Perlu Dipanaskan, Sekalipun Jarang Digunakan

BERIKUTNYA

Keseruan NCT Dream Ramaikan KCON 2022 di Los Angeles

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: