sang pembalap mendapatkan cedera setelah menjadi korban high-side yang menakutkan saat sesi latihan bebas terakhir di Silverstone, Inggris. (sumber gambar: PT Piaggio Indonesia)

Cedera Retak Tumit Kaki Kanan, Pembalap Aleix Espargaró Harus Istirahat Total 7 Hari di Ajang Motogp

09 August 2022   |   19:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dokter di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, Spanyol, mendiagnosa pembalap Aleix Espargaró mengalami keretakan tulang di tumit kaki kanan. Sang pembalap asal Spanyol ini harus istirahat total selama 7 hari.
Pembalap ini juga harus menggunakan kruk agar tidak memberikan ketegangan lebih pada kaki yang cedera saat sang pembalap harus istirahat total selama tujuh hari.

“Tujuannya adalah untuk tiba di balapan akhir pekan berikutnya [19-21 Agustus, Austria] dalam kondisi fisik terbaik,” katanya dari rilis yang diterima Hypeabis.id.

Espargaro mendapatkan diagnosa setelah melakukan pemeriksaan medis yang dilakukan pada Selasa, 9 Agustus 2022, di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, Spanyol.  Cedera ini diperolehnya setelah menjadi korban high-side yang menakutkan saat sesi latihan bebas terakhir di Silverstone, Inggris.

Baca juga: Aleix Espargaró Start Paling Depan di MotoGP Spanyol

“Akan tetapi dapat dengan tenang turun ke trek untuk kualifikasi dan balapan pada Minggu,” demikian tertulis dalam rilis. Sang pembalap, masih dalam rilis tersebut, tidak memerlukan perawatan bedah terkait dengan cedera yang diderita.
 

Karakteristik sirkuit

Sebelumnya, kejuaraan dunia MotoGP diselenggarakan di sirkuit Silverstone setelah break musim panas. Sirkuit ini adalah sirkuit yang telah menciptakan sejarah dalam kompetisi otomotif roda 2 dan 4.

Karakteristik di sirkuit Silverstone tidak hilang meskipun mengalami pembaruan dalam beberapa tahun terakhir. Karakteristik tersebut seperti panjang, kompleks, dan menantang, yang membuat pembalap perlu konsentrasi penuh.

Tidak hanya itu, karakteristik itu juga membuat mekanik beradaptasi dengan bagian yang cepat dan memerlukan penanganan lebih.

Bagi kedua pembalap Aprilia, Silverstone menyimpan kenangan yang tak terlupakan. Tahun lalu, Aleix meraih podium bersejarah pertama untuk pabrikan Italia ini di MotoGP setelah melewati duel pada lap akhir yang menakjubkan. Sedangkan pada 2016, Maverick Vinales memenangkan balapan pertamanya di kelas utama di Inggris.  

Aleix Espargaró, menuturkan bahwa sirkuit Silverstone adalah sirkuit yang disukai dan juga membuat lebih kompetitif. “Bagian pertama musim ini luar biasa, tetapi situasi baru yang kami alami juga menuntut banyak energi fisik dan mental,” katanya.

Dia menuturkan bahwa dirinya menjadi benar-benar perlu mengisi ulang “baterai” karena masih memiliki beberapa lintasan di mana Aprilia dan dirinya memiliki kesempatan untuk terus meraih hasil penting.

Sementara itu, Maverick Vinales mengatakan bahwa tidak sabar untuk kembali ke lintasan mengingat telah menyelesaikan paruh pertama musim ini dengan tren yang mengalami peningkatan. “Antusiasme setelah podium Assen membuat jeda terasa sangat panjang, tapi sekarang saya siap dan bersemangat untuk kembali ke sadel Aprilia saya,” katanya.

Dia mengatakan bahwa hasil menunjukkan bahwa performa mengalami peningkatan dan memiliki perasaan yang baik dengan motor yang digunakan. Namun, lanjutnya, merasa masih memiliki ruang untuk semakin lebih baik.

“Saya ingin terus bekerja sama dengan tim untuk dapat mencapai potensi penuh kami. Saya yakin dari sini hingga Valencia, kami akan menikmati waktu yang menyenangkan yang tak terlupakan,” katanya.

Dilansir dari laman MotoGP, Aleix Espargaró menempati posisi kedua peroleh poin di ajang MotoGP musim 2022 dengan poin 158. Sang pembalap tertinggal dari Fabio Quartaro yang menempati posisi pertama untuk sementara dengan poin 180.

Sementara itu, di posisi ketiga terdapat pembalap Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team dengan 131 poin. Di posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Enea Bastianini dengan poin 118 dan Johann Zarco dengan 114 poin.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Dewa 19 Sukses Guncang Yogyakarta lewat Konser Spesial Berformasi Lengkap

BERIKUTNYA

Bunda Wajib Tahu, Ini Penyebab Alergi Susu Sapi pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: