Olivia Newton-John (Sumber gambar: Olivia Newton-John/Instagram)

Bintang Era 70-an, Artis Pemeran Grease Olivia Newton-John Meninggal Dunia

09 August 2022   |   12:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penyanyi asal Australia, sekaligus aktris senior pemeran film blockbuster Grease, Olivia Newton-John, meninggal dunia di usia 73 tahun pada Senin (8/8/2022). Kabar duka itu diumumkan oleh John Easterling, suami dari Olivia Newton-John, melalui akun Instagram terverifikasi sang istri.

Olivia Newton-John, salah satu bintang pop terbesar era 1970-an, tutup usia setelah berjuang dengan kanker payudara yang dia derita selama 30 tahun terakhir.

"Dame Olivia Newton-John meninggal dengan tenang di Peternakannya di California Selatan pagi ini, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman. Kami meminta semua orang untuk menghormati privasi keluarga selama masa yang sangat sulit ini," tulis John Easterling melalui akun Instagram @therealonj.

Easterling juga menyebut bahwa mendiang istrinya itu telah menjadi simbol kemenangan dan harapan setelah lebih dari 30 tahun berbagi perjalanan dan perjuangannya dalam menghadapi kanker payudara.

Baca jugaLakukan 8 Cara Ini untuk Mengantisipasi Kanker Payudara

Perjuangan untuk penyembuhan dan usahanya untuk pengobatan herbal, tulisnya, akan dilanjutkan oleh Olivia Newton-John Foundation Fund atau Dana Yayasan Olivia Newton-John, yang didedikasikan untuk meneliti pengobatan herbal dan penyakit kanker.

Pada 2018, Olivia Newton-John pernah mengumumkan dirinya sedang mengobati kankernya yang sudah menyasar ke dasar tulang. Itu adalah diagnonis kanker ketiganya, setelah serangan kanker payudara di awal 1990-an dan pada 2017.

 


Sebagai seorang aktris dan musisi, Newton-John telah mencapai kesuksesan secara komersial sebagai penyanyi country dengan menjual jutaan rekaman secara global. Dia adalah salah satu solois paling populer era 1970 hingga 1980-an.

Olivia Newton-John lahir di Cambridge, Inggris, pada 26 September 1948. Ayahnya pernah menjadi mata-mata Inggris selama Perang Dunia Kedua, sementara ibunya adalah putri dari pemenang Nobel Jerman, Max Born, yang telah melarikan diri bersama keluarganya ketika Nazi berkuasa pada tahun 1933.

Keluarganya lantas pindah ke Australia pada 1954, di mana Olivia dibesarkan. Namanya mulai mencuri perhatian publik ketika dia merilis hit If Not For You yang diciptakan Bob Dylan pada 1971. Lagu itu mencapai nomor tujuh di tangga lagu Inggris dan tampil di album dengan nama yang sama.
 

Pada 1973, nama Olivia kembali bertengger di puncak tangga lagu Hot Country Songs Billboard sebagai penyanyi pop-country, dimana tujuh dari 10 lagu hit yang ada merupakan miliknya salah satunya lagu If You Love Me (Let Me Know).

Dia juga tercatat sudah beberapa kali menyabet penghargaan bergengsi Grammy Awards. Pada 1973, Olivia meraih penghargaan Grammy untuk Penampilan Vokal Country Wanita Terbaik berkat lagu Let Me Be There.

Begitupun pada 1974, dia kembali meraih Grammy Awards untuk Penampilan Vokal Pop Perempuan Terbaik berkat lagu I Honestly Love You, yang mendapatkan banyak pujian dari para kritikus. Olivia adalah vokalis perempuan pertama yang memenangkan Grammy untuk musik country dan pop, yang diikuti oleh Anne Muray, Linda Ronstadt, dan k.d. lang.
 

Selain empat Grammy Awards-nya, Olivia juga mencetak rekor di American Music Awards. Dia adalah wanita pertama yang memenangkan kategori Vokalis Pop Wanita Favorit sebanyak empat kali.

Capaian itu menjadi rekor yang dipegangnya sampai akhirnya diraih oleh Whitney Houston pada tahun 1993. Rekor itu juga kemudian dipecahkan oleh Taylor Swift, ketika dia memenangkan penghargaan keempatnya dalam kategori tersebut pada tahun 2019. 

Nama Olivia juga kian melambung ketika dia membintangi film musikal box office berjudul Grease (1978) yang membawanya ke tingkat ketenaran yang baru, bersama John Travolta. Dia juga merilis album dengan judul yang sama dimana lagu-lagunya menjadi hit dan merajai tangga lagu. Beberapa hit dari album tersebut diantaranya You're the One, Hopelessly Devoted to You, dan Summer Nights.
 

Selain bernyanyi solo, Olivia juga telah berkolaborasi dengan sejumlah musisi. Dia pernah berduet dengan Andy Gibb dan merilis balada I Can't Help It (1980), dengan Cliff Richard merilis Suddenly, serta bersama David Foster merilis single hit The Best of Me. Olivia juga menyanyikan vokal latar di single Fly Away milik John Denver, sebuah balada yang dirilis pada 1975 dari album hit Denver's Windsong.

Tiga hit terakhir yang Olivia yang masih eksis di tangga lagu adalah rekaman ulang pada karya-karya klasiknya. Pada 1996, dia dan Travolta merilis lagu The Grease Megamix, termasuk menyanyikan ulang dengan versi baru hit I Honestly Love You yang diproduksi bersama David Foster dan Tony Brown. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Anggota MONSTA X Perpanjang Kontrak, I.M Tinggalkan Agensi Starship Entertainment

BERIKUTNYA

Perjalanan Bermusik Keisya Levronka, Musisi Muda yang Lagunya Sering Diputar di Spotify

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: