Ayam Cincane adalah salah satu makanan khas Samarinda (Sumber gambar: Sogood)

12 Makanan Khas Samarinda yang Wajib Kalian Coba

11 July 2022   |   17:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

7. Gence Ruan

Gence Ruan merupakan makanan dengan bahan utama ikan haruan atau ikan gabus. Makanan ini memiliki tampilan yang menarik perhatian dengan warna merah yang tentunya akan membangkitkan selera makan. Warna yang terang menyala ini dihasilkan dari penggunaan rempah-rempah yang beragam. Gence Ruan paling nikmat jika disantap saat hangat.
 

8. Pepes Kepiting

Tidak seperti pepes pada umumnya, kuliner satu ini merupakan pepes menggunakan bahan dasar kepiting. Meski sudah lebih dulu terkenal di daerah Balikpapan, pepes kepiting juga menjadi salah satu menu kuliner khas pilihan di Samarinda.

Makanan ini biasanya menggunakan kepiting soka atau kepiting lemburi sebagai bahan utama, dengan bumbu cabai dan kunyit yang membuat rasanya pedas menyengat. Banyak yang menggemari pepes kepiting ini karena melimpahnya daging kepiting yang telah dibungkus dengan daun pisang.

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Sei, Makanan Khas NTT yang Kian Populer 
 

9. Sate Payau

Sedikit berbeda dari sate kebanyakan, makanan tradisional khas Samarinda yang satu ini memiliki bahan utama daging rusa. Tekstur daging payau (rusa) terasa lebih empuk dan lembut di mulut jika dibandingkan dengan daging sapi kebanyakan.

Sayangnya, Sate Payau sudah semakin sulit ditemukan karena rusa telah menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Akan tetapi, kalian masih bisa mencari makanan ini di berbagai acara kesenian atau upacara adat di Kalimantan Timur.
 

10. Rojak Singkil

Walaupun namanya rujak, makanan khas Samarinda yang satu ini berbeda jauh dengan rujak yang biasanya kita nikmati. Rojak Singkil adalah sayur dengan kuah santan kelapa yang berisi daun singkil dan ikan haruan.

Selain Nasi Bekepor, makanan khas Samarinda ini juga merupakan menu khas dari kerajaan Kutai Kartanegara. Rojak Singkil umumnya disajikan bersama ikan dan sambal pedas, yang disantap dengan nasi hangat.
 

11. Kue Bingka Kentang

Tak hanya hidangan berat, Samarinda juga memiliki panganan kue yang menarik untuk dicicipi. Seperti namanya, kue bingka kentang berbahan pokok kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya, seperti tepung, telur, santan, gula dan perisa.
 

12. Kue Gegicak

Selain Bingka Bintang, satu jenis kue yang khas dari Samarinda yakni Gegicak. Kudapan ini menjadi favorit masyarakat Samarinda karena teksturnya yang lembut dan kenyal. Kue Gegicak memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum.

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan putih dan campuran daun pandan sehingga warnanya hijau dan aromanya yang khas. Setelah matang dari kukusan, Kue Gegicak akan ditaburi parutan kelapa dan disirami saus gula merah.

Editor : 
1
2


SEBELUMNYA

Simak Penyebab & Cara Mengusir Bau Badan yang Mengganggu

BERIKUTNYA

Jalan-jalan ke 3 Kota Wisata Paling Populer di Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: