Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan bau perengus kambing (sumber gambar : Bailey Mahon/Unsplash)

Yuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing dengan Langkah-Langkah Ini

08 July 2022   |   18:31 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha identik dengan hewan kurban. Ada dua jenis hewan yang biasanya disembelih yaitu sapi dan kambing. Khusus untuk daging kambing, biasanya ada masalah yang kerap dihadapi ketika mengolahnya. Baru perengus dan daging yang tidak empuk atau alot. 

Terkait dengan hal ini, Genhype jangan khawatir ya sebab kali ini Hypeabis akan berbagi tip kepada kalian seputar cara menghilangkan bau perengus dan membuat daging kambing menjadi lebih empuk, sehingga kalian bisa mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan istiwewa.

Baca Juga : 7 Manfaat Tak Terduga dari Menyantap Daging Kambing 
 

1. Jangan Mencuci Daging

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan mencuci daging kambing. Soalnya saat kalian mencuci,  justru akan membuat bau perengus kambing menjadi makin kuat. Selain itu saat dicuci, daging kambing akan menjadi kering. Jangan takut kotor karena kuman-kuman akan mati ketika direbus pada suhu dengan panas yang tinggi.
 

2. Buang Bagian Lemak 

Selanjutnya adalah membuang bagian lemak daging, sebab salah satu sumber dari bau prengus kambing adalah berasal dari kandungan lemak. Untuk itu, akan lebih baik jika kalian membuang lemak sebelum diolah. Nah, tip praktis dan mudah yang bisa dilakukan untuk memisahkan lemak adalah dengan dibekukan ke dalam lemari es (freezer). 
 

3. Rebus Dua Kali 

Ketiga, jika ingin membuat daging kambing untuk sop maka pastikan merebusnya sebanyak dua kali. Rebusan pertama dilakukan di dalam air mendidih yang sudah diberikan aneka rempah seperti daun pandan, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas sehingga dapat menutupi aroma bau prengus.

Saat keluar bui keabuan di atas permukaan maka segera buang air rebusannya. Lalu rebus kembali untuk kedua kalinya di dalam air dingin. Nah, air dingin membuat efek yang bisa mengeluarkan juicy di dalam dagig kambing sehingga membuat sop menjadi makin gurih dan berkaldu.
 

4. Manfaatkan Rempah 

Keempat, jika daging kambing digunakan untuk membuat sate maka rempah-rempah menjadi kuncinya. Jika ingin sate kambing polos maka kucuri air jeruk nipis beberapa saat hingga meresap. Jika ingin dimarinasi maka berikan ketumbar, gula merah, lada, bawang putih, dan lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan buah nanas untuk menghilangkan bau perengus sekaligus membuat daging sate menjadi lebih empuk. Caranya adalah dengan mencampurkan daging kambing dengan buah nanas dan diamkan sesaat sebelum dimasak.

Bagaimana Genhype, sudah siap untuk mengolah daging kambing yang lezat dan gurih?

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia dan Pencipta Karakter Sri Asih

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Sri Asih, Karakter Komik Pahlawan Super Wanita Karya RA Kosasih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: