Ilustrasi (sumber gambar: Unsplash/Bruno Emmanuelle)

Pengin Jadi Penyanyi Keren? Yuk Asah Bakat lewat Kursus Vokal

03 July 2022   |   16:24 WIB
Image
Roni Yunianto Hypeabis.id

Memiliki bakat tarik suara tentu menjadi satu kelebihan bagi seseorang. Apalagi pada era digital saat ini, mana kala industri musik menjadi kian menjanjikan, modal kemampuan vokal ini pun dapat membuka kesempatan untuk berkarier menjadi seorang penyanyi profesional.

Kini makin terbuka peluang bagi seseorang untuk dapat tampil sebagai penyanyi solo, band, paduan suara, sekadar unjuk kemampuan, atau bahkan berkompetisi dalam ajang pencarian bakat.

Namun untuk berani tampil percaya diri dan bernyanyi dengan teknik yang baik dan benar di depan publik atau di atas panggung dengan sistem suara, dekorasi, tata cahaya tentu membutuhkan ilmu dan latihan. 
 

Ilustrasi (sumber gambar: Unsplash/John Price)

Ilustrasi (sumber gambar: Unsplash/John Price)


Bagi Genhype atau anggota keluarga yang ingin mengasah bakat vokal atau bahkan menjadi penyanyi profesional, sejumlah kursus vokal mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan.

Purwa Caraka Music Studio.

 

Purwa Caraka Music Studio

Purwa Caraka Music Studio

 



Kursus dengan waktu yang bisa disesuaikan dengan jadwal dari setiap cabang ini dilakukan dalam empat kali pertemuan dalam sebulan dengan durasi per pertemuan sebanyak 30 menit.

Kursus ini juga menggelar ujian yang diadakan sekali dalam setahun dan telah mendapatkan akreditasi dari Dinas Pendidikan. Cabang-cabang kursus ini sudah tersebar di Jabodetabek, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi.


KBL Performing Arts.

Kursus vokal yang dirintis oleh Lucky Tampilang ini memberikan pelatihan teknik vokal yang mengutamakan koordinasi otot yang terbagi menjadi tujuh jenjang yang terdiri atas materi basic, intermediate, pre advanced, advanced.

Secara bertahap, anak didik mendapatkan pelajaran memproduksi suara dasar, teknik belting, teknik vokal head voice, teknik vokal falsetto, jangkauan nada 1 oktaf—5 oktaf.

Kemudian dipelajari pula penggunaan teknik vibra, improvisasi dasar, aksi panggung, bahasa tubuh, kontak mata, blocking panggung, hingga ekspresi wajah dan koreografi dengan bimbingan pengajar.
Selain itu lembaga kursus ini juga menyediakan kelas khusus Instruktur. 

Senior, Supervisor, Eksekutif Reguler dan Senior dalam empat kali pertemuan dengan durasi 40 menit untuk setiap pertemuannya. Kursus ini juga menerapkan ujian kenaikan tingkat. Jaringan Karunia Bersama Lucky (KBL) saat ini didukung oleh 20 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. 

 

KBL Performing Arts

KBL Performing Arts

 


Popular Music Course - Yamaha Music Indonesia.

 

Yamaha Music School

Yamaha Music School

 

Kursus vokal Yamaha Popular Music Course terbuka bagi anak usia remaja dan dewasa mulai 12 tahun ke atas dengan masa belajar 3—4 tahun. Sistem belajar vokal secara grup atau berkelompok sampai dengan 8 orang dan juga privat.

Kursus kelompok ini berdurasi 60 menit dalam sekali pertemuan selama 4 kali per bulan, sedangkan kursus privat berdurasi 30 menit dalam sekali pertemuan selama 4 kali per bulan. Kursus ini dirancang dengan kurikulum khusus berstandar internasional seputar cara bernyanyi yang lebih menyenangkan.

Sistem belajarnya adalah menggunakan Minus One System disk sebagai latar musik sehingga memungkinkan siswa tertarik bernyanyi. Cabang kursus musik Yamaha juga telah tersebar di sejumlah kota besar.

 

Erwin Gutawa Music School (EGMS).


Kursus vokal yang dibangun oleh musisi Erwin Gutawa ini menyediakan enam sesi kelas per bulan dengan durasi 50 menit setiap sesinya. Kelas vokal pada kursus ini terbagi menjadi dua bagian yaitu klasik dan pop atau kontemporer. Secara terperinci, kursus ini menerapkan empat kali sesi privat dan dua kali sesi ensemble atau sesi kolaborasi.

Anak didik di lembaga kursus ini tidak hanya berlatih vokal tetapi juga wawasan musik berdasarkan kurikulum orisinal yang dikembangkan tim ahli EGMS. Kurikulum tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan bermusik di Indonesia, sehingga anak didik diharapkan dapat berkembang menjadi musisi yang berkualitas dan profesional.

 

Erwin Gutawa Music School

Erwin Gutawa Music School

 


Music School of Indonesia.


Kursus vokal Music School of Indonesia membuka kelas vokal yaitu Reguler dan Indra Aziz Vocal Studio (IAVS).

Program Reguler terdiri atas delapan kelas dan kelas hobi untuk pengembangan diri siswanya. Adapun Program IAVS merupakan kursus profesional yang bisa diikuti selama 3—6 bulan.

Program ini dibagi menjadi lima tingkatan yang dapat diikuti minimal 24 sesi per tingkatan. ????Cabang kursus vokal dan musik ini tersebar di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

 

Music School of Indonesia

Music School of Indonesia

 


Bina Vokalia Pranadjaja.

 

Bina Vokalia Pranadjaja

Bina Vokalia Pranadjaja

 

Kursus vokal lainnya yang termasuk berpengalaman dalam memberikan pelatihan vokal adalah Bina Vokalia Pranadjaja.

Pelatihan vokal yang telah hadir selama 48 tahun ini didirikan oleh Pranowo Djojodinito atau Pranadjaja, penyanyi seriosa legendaris yang juga pendidik di bidang musik.

Kursus vokal yang memiliki semboyan “Tiada Hari Tanpa Bernyanyi” ini membuka kelas vokal baik kelompok, semi privat maupun privat intensif bagi anak-anak, remaja hingga dewasa.

Nah, Genhype, siapa tertarik mengasah bakat vokal?

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Drakor Remarriage & Desires Sajikan Intrik dalam Agensi Perjodohan Orang Kaya

BERIKUTNYA

Rona Roma Menyambut Liburan Musim Panas   

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: