Soto Betawi H. Mamat (sumber gambar : Soto Betawi H. Mamat)

Yuk Pesan! Ini Rekomendasi Kuliner Khas Betawi yang Melegenda

30 June 2022   |   17:08 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Genhype, bagi kalian para pencinta kuliner khas Nusantara tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner Betawi ya kan? Salah satunya adalah soto yang diracik dengan daging dan aneka jeroan dengan kuah yang memadukan susu dan santan serta berbagai rempah. Selain soto ada pula nasi uduk, kerak telor dan asinan.


SOTO

Nah, Soto Betawi ini sebetulnya merupakan salah satu kuliner legendaris dari Betawi. Nama makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang penjual soto keturunan China bernama Lie Boen Po pada tahun 1977 di kawasan tHR Lokasari / Prinsen Park.

Namun, rupanya jauh sebelum itu, sudah ada rumah makan legendaris yang menyajikan Soto Betawi dengan rasa yang nikmat yang bahkan masih eksis hingga saat ini.
 
  • Soto Betawi Haji Ma’ruf - Gondangdia

Berdiri sejak tahun 1940-an Soto Betawi H. Ma'ruf masih eksis hingga kini.  Berbeda dengan Soto Betawi lainya, Soto Betawi H. Ma'ruf disajikan hanya kuah dengan potongan daging, paru, babat, kikil, atau usus sesuai selera tanpa sayuran seperti tomat atau kentang.
  • Soto Betawi H. Mamat -Tomang

Selain menyajikan Soto Betawi dengan kuah kaya rempah-rempah dan cita rasa yang lezat, Soto Betawi Haji Mamat juga siap menggugah selera makanmu dengan menghadirkan menu lainnya yang tak kalah populer, oseng daging. selain itu, buat kalian yang gak suka soto betawi dengan kuah santannya, kamu bisa memesan soto kuah bening yang rasanya gak kalah autentik.
  • Soto Betawi Roxy Dawarsa

Kalau biasanya soto disajikan di sebuah mangkok, uniknya Soto Betawi Roxy Dawarsa menyajikan hidangan berkuah ini dengan piring lho! Pengunjung bisa memilih untuk isian soto, mau daging sapi rebus atau goreng. Soto Betawi legendaris yang mulai berjualan dari 1996 ini memiliki kuah dengan rasa yang gurih dan lebih cair dibanding dengan Soto Betawi lainnya.

Selain Soto Betawi, ternyata siang-siang memang enaknya menyantap hidangan yang segar apalagi di tengah cuaca Jakarta yang kadang terik dan panas ini. Ternyata ada menu legendaris yang cocok jadi pilihan kamu, nih! Asinan Betawi namanya.
 

ASINAN

Untuk kalian pencinta makanan sehat Asinan Betawi ini bisa jadi andalan kamu karena terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dimasak seperti acar dengan memadukan rasa pedas, manis dan gurih. Menurut sejarahnya Asinan Jakarta ini berasal dari akulturasi budaya Indonesia dan Peranakan.
 
  • Asinan Jakarta Nana

Takut lambung bermasalah tapi ingin menikmati asinan Jakarta? Asinan Jakarta Nana bisa jadi solusinya. Bumbu Asinan Jakarta Nana tidak menggunakan cuka dan micin lho, jadi akan aman untuk lambung kamu. Selain itu, kalau kamu suka dengan asinan dengan bumbu kacang yang kental, tepat sekali kamu pilih asinan ini.
  • Asinan Betawi Maryam - Bintaro

Cari asinan Betawi yang enak dan murah,  Asinan Betawi Maryam bisa jadi pilihanmu. Perpaduan potongan sayur dan buah-buahan yang disajikan lengkap dengan saus kacang yang autentik, mie dan kerupuk warna merah muda yang khas siap untuk menggoyang lidahmu.
 

NASI UDUK

Buat kamu yang menjadikan nasi sebuah kewajiban dan bosan dengan nasi putih biasa, menu Nasi Uduk bisa jadi pilihan! Menu yang menghidangkan nasi gurih dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, kering tempe, telur dadar, kerupuk, sayuran dan banyak lagi diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 yang merupakan hasil persilangan budaya Melayu dan Jawa lho.
  • Nasi Uduk Betawi Sambal Kampret

Ingin coba sensasi lauk sambal super pedas yang dihidangkan dengan nasi uduk? Silakan coba Nasi Uduk Betawi Sambal Kampret. Enggak cuma sambal jengkol saja, tapi kamu juga bisa pesan ceker mercon yang siap meledak dalam mulut.
  • Nasi Uduk Babeh - Cilebut Timur

Warung Nasi Uduk Babeh di kawasan Cilebut Timur telah populer di kalangan masyarakat Jabodetabek akan cita rasa dan aroma khas Nasi Uduk racikannya. Berbagai sajian menu juga terdapat pada warung makan Nasi Uduk Babeh yang siap memberikan variasi dalam menikmati makanan ikonik Jakarta yang tentunya menggugah selera Anda. Soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena Warung Nasi Uduk Babeh memberikan tarif wajar dan sangat bersahabat dengan kantong Anda.


KERAK TELOR

Jakarta memang identik dengan Kerak Telor sebagai panganan khasnya. Menurut sejarahnya, Kerak Telor ini awalnya merupakan eksperimen dari masyarakat Betawi yang memanfaatkan buah kelapa untuk membuat panganan. Kerak Telor ini menjadi salah satu panganan khas yang selalu ada saat HUT Kota Jakarta.
  • Kerak Telor Tunas Betawi

Penasaran dengan hidangan khas Jakarta yang terbuat dari telur? Kamu bisa coba menu Kerak Telor Tunas Betawi yang memiliki rasa autentik dan khas dengan harga yang bersahabat.
  • Kerak Telor Mpo Mar - Tanah Tinggi

Salah satu jajanan Kerak Telor yang khas ini, dapat anda jumpai di kawasan Tanah Tinggi Kota Tangerang.  Warung Kerak Telor yang fenomenal di kawasan ini adalah Kerak Telor Mpo Mar. Cita rasa tempo dulu dan aroma khas dari jajanan yang satu ini dapat Anda jumpai pada Kerak Telor Mpo Mar. Warung Kerak Telor Mpo Mar dapat menemani kebersamaan Anda bersama keluarga dan juga menjadi pengobat rindu jajanan jadul asli Ibu Kota Jakarta.


Editor: Roni Yunianto
SEBELUMNYA

Anak Betawi Asli Merapat, Yuk Kepoin Cerita Si Pitung & Mariyam lewat Wayang Golek

BERIKUTNYA

Jajaran Produk Inovatif yang Hadir di Vivo Technology Week 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: