Perlu kiat dalam memilih pakaian olahraga yang tepat untuk hijabers (Sumber gambar: Freepik)

7 Tip Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman untuk Hijabers

23 June 2022   |   08:21 WIB

Menggunakan hijab tidak menjadi penghalang untuk seseorang beraktivitas atau berolahraga dengan bebas, entah itu berlari, bersepeda, atau mengikuti senam. Semua olahraga tersebut bisa dilakukan dengan nyaman jika pakaian yang dikenakan sesuai dan tidak menyulitkan kalian untuk bergerak.

Memilih pakaian olahraga yang tepat untuk para perempuan berhijab memang cukup tricky. Selain harus mengutamakan kenyamanan, pakaian olahraga muslimah juga tidak boleh terlalu memperlihatkan siluet atau lekuk tubuh. Begitupun dengan pilihan hijabnya yang tidak mengganggu keleluasaan dalam bergerak. 

Meski begitu, sebenarnya memilih pakaian olahraga untuk para hijabers tidak jauh berbeda dengan biasanya. Supaya tidak bingung, berikut adalah 7 tips memilih pakaian olahraga yang tepat untuk para hijabers.
 

1. Tidak terlalu ketat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah pastikan baju olahraga yang kamu pilih tidak terlalu ketat sehingga memperlihatkan siluet tubuh. Kalian bisa memilih baju olahraga yang memiliki desain agak loose agar tidak merasa risih serta memungkinkan kalian untuk bergerak lebih bebas.
 

2. Bahan yang stretchable

Setelah memilih baju olahraga dengan desain yang pas dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh, kalian perlu memperhatikan jenis bahan dari baju olahraga yang dipilih. Pilihlah bahan yang ringan dan stretchable. Meski baju olahraga untuk para hijabers berdesain loose, kalian tetap harus memilih bahan yang stretchable atau mampu mengikuti bentuk tubuh. Material yang stretchable menjadi cukup penting karena bisa menunjang mobilitas kalian dalam bergerak ketika berolahraga agar lebih nyaman. 
 

3. Menyerap keringat

Satu lagi yang tidak kalah penting dari bahan yang stretchable yakni memilih baju olahraga yang juga mampu menyerap keringat dengan baik. Saat berolahraga, kalian tentu  akan mengeluarkan keringat lebih banyak karena banyak bergerak. Oleh karena itu, pilihlah bahan yang menyerap keringat salah satunya katun spandek.
 

Ilustrasi perempuan berhijab sedang berolahraga (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi perempuan berhijab sedang berolahraga (Sumber gambar: Freepik)


4. Dilengkapi fitur anti mikroba

Setelah memilih baju olahraga yang stretchable, ringan, dan menyerap keringat, fitur tambahan yang juga perlu ada dalam baju olahraga untuk para hijabers yakni bahan yang anti mikroba. Baju berbahan anti mikroba dapat membantu menghilangkan bakteri yang bisa saja timbul dari keringat yang berlebih kala berolahraga. Dengan begitu, meskipun mengeluarkan banyak keringat, kalian akan tetap merasa nyaman dan ringan saat berolahraga.
 

5. Sesuai ukuran

Hal yang juga tak kalah penting adalah memilih baju olahraga yang tentunya sesuai dengan ukuran tubuh, tidak terlalu ketat atau kekecilan begitupun tidak terlalu besar. Ketika baju yang dikenakan sesuai dengan ukuran badan, itu tidak akan mengganggu kalian berolahraga. Kalian leluasa bergerak bebas tanpa perlu khawatir dengan baju olahraga yang dikenakan.
 

6. Kenakan hijab khusus olahraga

Tidak hanya baju olahraga saja yang perlu diperhatikan, hijabers juga perlu menggunakan kerudung khusus untuk berolahraga. Hal ini dilakukan supaya kalian bisa lebih fleksibel dalam bergerak. Sebagai opsi, pilihlah kerudung instan berbahan spandex sehingga kalian tidak perlu lagi menggunakan jenis kerudung yang memakai pelengkap aksesoris seperti jarum pentul atau peniti. 
 

7. Baju berwarna terang

Pada dasarnya, baju yang didominasi oleh warna terang mampu menyerap keringat lebih maksimal. Jika kalian ingin berolahraga di pagi ataupun sore hari, kenakan baju olahraga berwarna terang sehingga keringat lebih mudah terserap dan tidak cepat merasa kepanasan.


Editor: Roni Yunianto
 
SEBELUMNYA

Yuk Cicipi Bistik Daging Sapi yang Empuk & Lezat, Ini Resepnya

BERIKUTNYA

Calon Mahasiswa, Siap-siap! Begini Cara Cek Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: