Ukrumah Suda (sumber gambar : Tokopedia)

UMKM Ini Sukses Berbisnis Sekaligus Lestarikan Budaya Betawi

22 June 2022   |   14:28 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya Betawi, salah satunya dengan mengembangkan usaha terkait kebudayaan tersebut. Misalnya, membuat usaha fesyen atau kerajinan tangan yang merujuk pada budaya Betawi.

Sebagai penduduk asli Jakarta, masyarakat Betawi memiliki ragam kesenian dan kebudayaan, di mana hal tersebut dapat dikembangkan menjadi bisnis atau usaha. 

Hal inilah yang dilakukan oleh dua pelaku UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Betawi lewat produk kerajinan yang mereka hasilkan. Bahkan dari hasil produksinya tersebut, mereka dapat mengantongi omzet hingga puluhan juta rupiah. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca juga: Rayakan HUT Jakarta dengan Mencicip Bubur Ase Betawi???????
 

1. Tioria by Caramia, Bangga Angkat Motif Khas Betawi Sebagai Produk Andalan

Berbekal pendidikan desain dan fesyen di Amerika, Thekla Odelia Caramia kembali ke Indonesia untuk mendirikan usaha Tioria by Caramia pada 2017. Dia fokus menghasilkan beragam produk fesyen dengan tema kekayaan budaya Indonesia, termasuk budaya Betawi.

Caramia menciptakan produk sesuai dengan tren fesyen saat ini, seperti baju tidur, scarf, tote bag hingga masker. “Semua produk kami desain sendiri dengan mengangkat tema budaya yang unik, mulai dari moda transportasi, tempat wisata hingga ondel-ondel sebagai ikon Jakarta. Warna-warna cerah pun selalu kami gunakan sebagai ciri khas produk kami,” jelasnya.

Demi meningkatkan penjualan, Caramia pun memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia. “Kini sekitar 60% penjualan berasal dari Tokopedia dan penjualan kami pun meningkat 3x lipat dalam masa pandemi,” ujarnya.

Dia berharap melalui usaha ini makin banyak anak muda yang bangga menggunakan produk lokal, sekaligus turut melestarikan budaya khas Betawi agar tidak punah.
 

2. CariSouvenir, Jaga Budaya Betawi dengan Ciptakan Kerajinan Tangan Ondel-Ondel

Ukrumah Suda percaya bahwa kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi penghasilan. Dia pun menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat. Ini menjadi inspirasi di balik berdirinya CariSouvenir pada 2014 yang menggandeng perajin lokal dari berbagai wilayah di Jawa, termasuk dari Yogyakarta, Pekalongan, Jepara hingga Bali.

“Melalui CariSouvenir, kami memproduksi sendiri berbagai produk suvenir termasuk ondel-ondel, mulai dalam varian boneka kayu, magnet kulkas, gantungan kunci hingga alat musik Karimba. Bahan kayu dan cat yang kami gunakan pun legal dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

Selain melakukan inovasi produk secara berkala, Ukrumah juga memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk memasarkan produknya. “CariSouvenir bisa dikenal lebih banyak masyarakat, termasuk dari Yogyakarta, Jawa Timur, Batam, Aceh, Balikpapan, Bali hingga Gorontalo. Ini tentunya berdampak pada omzet kami yang mencapai Rp60 juta,” terangnya.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Dewa 19 Bakal Konser Full Team di Yogyakarta, Gandeng 3 Vokalis Sekaligus!

BERIKUTNYA

Hobi Koleksi Action Figure Enggak Ada Matinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: