Matcha (Sumber gambar: Pexels)

Mirip Tapi Berbeda, Ini Bedanya Matcha dan Teh Hijau

20 June 2022   |   22:24 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Matcha kini menjadi salah satu minuman kekinian yang cukup diminati masyarakat. Hampir di semua kedai kopi dan teh atau restoran ternama menyajikan minuman berbahan dasar matcha sebagai menu pilihan.

Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri mengatakan matcha tidak hanya memiliki rasa yang nikmat tetapi juga mengandung antioksidan yang menyehatkan serta memiliki potensi terapeutik yang dapat memberikan sensasi calming dan menambah fokus saat otak bekerja.

Meski cukup popular, tetapi masyarakat kadang kala masih sulit membedakan antara matcha dan green tea atau teh hijau.

Baca jugaSuka Matcha? Intip 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut Ratna, keduanya memang berasal dari tanaman yang sama tetapi teh hijau biasanya langsung dipetik dan disajikan dalam bentuk daun teh. Saat disajikan, teh hijau yang diseduh, hanya airnya saja yang diminum.

“Kalau matcha ini sudah berbentuk bubuk sehingga semua bahan larut dalam air dan bisa langsung diminum. Artinya seluruh kandungan antioksidan yang ada dikonsumsi seluruhnya,” ujarnya.

Sementara itu, dari segi rasa, matcha lebih manis dengan rasa khas umami yang gurih atau creamy. Berbeda dengan teh hijau ataupun serbuk teh hijau yang rasanya lebih pahit atau sepet.

Sebagai minuman kekinian, matcha dapat diolah dan diaplikasikan dengan berbagai cara. Memang saat ini yang lebih dikenal adalah matcha latte atau matcha susu yang lebih creamy. Namun ke depan, Ratna menuturkan bahwa tren minuman kekinian matcha bisa dibuat lebih unik dengan campuran buah-buahan yang memberi sensasi rasa segar.

“Olahan minuman matcha ini ke depan akan semakin kreatif dan dibuat dengan cara yang berbeda agar lebih fusion," tutupnya.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rayakan 8 Tahun Debut, MAMAMOO Akan Rilis Album & Gelar Konser Spesial

BERIKUTNYA

Bola Resmi Liga Champions Eropa Bakal Dilelang Mulai Rp266 Juta, Minat?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: