Telaga Cebong adalah salah satu destinasi wisata di Wonosobo (Sumber gambar: Explore Wisata Telaga Cebong/Instagram)

10 Destinasi Wisata Alam di Wonosobo yang Wajib Masuk Bucket List

20 June 2022   |   08:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Curug Sikarim

Memiliki tinggi sekitar 125 meter, Curug Sikarim masuk ke dalam deretan curug tinggi se-Pulau Jawa. Curug ini mengalirkan derasnya air melewati tebing bebatuan hingga turun ke Telaga Cebong. Destinasi wisata hits di Wonosobo ini bisa jadi opsi untuk healing, loh. Lantaran berada di ketinggian 1.800 mdpl, kalian dapat melihat ladang persawahan hijau yang berjajar rapi serta gunung-gunung yang tampak begitu gagah.

Untuk sampai ke Curug Sikarim, kalian perlu menempuh medan perjalanan yang sangat ekstrem. Jalannya yang berkelok-kelok, sempit, dan sangat curam, membutuhkan kehati-hatian ekstra. Namun, semua itu akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang ciamik di Curug Sikarim.
 

7. Jalan Sirangkel Mlandi, Garung

Ingin melihat jalanan super cantik nan indah ala Switzerland? Jalan Sirangkel jawabannya! Jalanan ini terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Wonosobo. Di sisi kanan dan kiri terdapat area persawahan hijau yang ditanami berbagai macam sayuran. Selain itu, kalian juga dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau yang sejuk dan asri.

Kabut khas pegunungan seringkali muncul, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi. Tempat ini tentu cocok buat kalian yang gemar mengunjungi tempat wisata yang estetik.
 

Telaga Bedakah (Sumber gambar: Explore Wonosobo/Instagram)

Telaga Bedakah (Sumber gambar: Explore Wonosobo/Instagram)
 

8. Desa Sembungan

Masuk ke dalam deretan desa tertinggi se-Pulau Jawa, Desa Sembungan berada di atas ketinggian 2.260 mdpl. Desa ini menyimpan segudang wisata alam bak surga seperti Bukit Sikunir, Curug Sikarim, Gunung Pakuwojo, Gunung Seroja, dan Telaga Cebong.

Dinamakan Desa Sembungan, konon dahulu kawasan ini memang ditumbuhi oleh pohon sembung. Hamparan ladang persawahan, lembah-lembah hijau, serta telaga yang berada di tengah-tengah seakan-akan menyempurnakan keindahan alamnya.
 

9. Batu Pandang Ratapan Angin

Kawasan Dieng merupakan bekas dari letusan gunung vulkanik yang sudah tidak aktif. Dari letusan gunung vulkanik, tentu saja terdapat sisa-sisa letusan seperti bukit-bukit, tebing, dan bebatuan menonjol tak beraturan. Hal itulah yang juga terjadi pada Batu Pandang Ratapan Angin yang berada di atas Telaga Warna. Posisinya yang sempurna, berada di atas ketinggian, menjadikan batuan ini adalah spot sempurna untuk menikmati kawasan Dieng. Dari atas, kalian dapat melihat lanskap perbukitan hijau yang berpadu dengan Telaga Warna.
 

10. Lubang Sewu

Jika wisata di alam hijau sudah, sekarang saatnya berpindah ke wisata tebing eksotis mirip Grand Canyon di Arizona. Berada di jajaran wisata hits di Wonosobo, Lubang Sewu berlokasi di Jurutengah, Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Uniknya, wisata alam Wonosobo ini hanya ada di saat musim kemarau.

Nama Lubang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti lubang seribu, di mana mencerminkan batuan yang berada di tepian Waduk Wadaslintang. Dari atas bebatuan, kalian dapat melihat pemandangan waduk seluas 41,6 kilometer. Selain siang hari cerah, waktu terbaik untuk melihat pemandangan menakjubkan adalah saat sore hari. Di waktu ini, kalian dapat menikmati suasana romantis di kala senja.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Salut! Batavia Madrigal Singers Sabet Juara di European Grand Prix Prancis

BERIKUTNYA

Rekomendasi Smartphone dengan Pengisian Daya Super Cepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: