Penting untuk membuat liburan yang menyenangkan untuk anak (Sumber gambar: Yulianto Politier/Pexels)

4 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Liburan bareng Si Kecil

15 June 2022   |   19:15 WIB

Pertengahan tahun biasanya menjadi waktu libur sekolah setelah satu semester menjalani proses belajar. Momen ini biasanya kerap digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Liburan kenaikan kelas kali ini akan berbeda setelah pembatasan sosial selama dua tahun terakhir, sehingga setiap keluarga bisa lebih leluasa untuk merencanakan liburan.

Untuk bisa mendapatkan liburan bersama keluarga yang berkualitas, tentu perlu dipersiapkan dengan matang oleh para orang tua. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat liburan bersama anak-anak demi kenyamanan mereka.

Baca juga: Rekomendasi Traveling: Menyaksikan Prosesi Seren Taun di Banten

Sebelum pergi liburan bersama anak, berikut adalah 4 hal yang perlu dipersiapkan oleh orang tua menurut Mom Influencer, Caca Tengker.
 

1. Pilih destinasi liburan ramah anak

Hal penting yang perlu dipersiapkan saat liburan bersama anak adalah menentukan destinasi yang dituju. Caca mengatakan sebaiknya destinasi wisata yang dipilih ramah terhadap anak, misalnya adanya taman edukasi, tempat bermain di alam terbuka, hingga kebutuhan untuk sanitasi anak yang memadai.

“Setiap kota itu keamanan dan policy-nya berbeda. Gimana kebersihan dan kebudayaannya itu ramah anak atau enggak? Kita harus bisa mengedepankan kebutuhan anak dibandingkan kebutuhan pribadi,” kata Caca dalam satu webinar bersama Shopee, Rabu (15/6/2022).
 

2. Diskusikan rencana liburan dengan anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa suasana hati serta mood anak terkadang memang sulit untuk ditebak. Oleh sebab itu, penting untuk membuat si kecil tetap bersemangat untuk liburan. Salah satu caranya adalah dengan mengomunikasikan seluruh rencana liburan dengan anak.

Hal ini dapat menciptakan imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka menjadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan dimulai. Selain itu, terbuka dengan anak soal liburan juga bisa mencegah mereka merasa kesal saat ekspektasi kegiatan liburannya tidak terpenuhi. 
 

Tatiana Syrikova

Penting untuk mendiskusikan liburan bersama anak (Sumber gambar: Tatiana Syrikova/Pexels)
 

3. Siapkan kegiatan alternatif

Saat merencanakan liburan, biasanya orang tua juga akan membuat daftar kegiatan apa saja yang akan dilakukan di destinasi tersebut. Namun, tidak semua liburan bisa berjalan dengan lancar. Ketika itu terjadi, orang tua harus memikirkan kegiatan alternatif yang tetap bisa dinikmati bersama anak.

“Meski itu di luar rencana ya relakan saja dengan mencari kegiatan lain. Buat kegiatan-kegiatan yang menarik sekecil apapun itu. Jadikan waktu bersama anak menjadi momen bonding dengan mereka,” ucap Caca.
 

4. Siapkan waktu istirahat

Satu hal yang tak kalah penting ketika liburan dengan anak adalah menyiapkan waktu istirahat yang cukup. Sebab, energi orang tua dan anak akan berbeda. Jangan paksakan memadatkan kegiatan hanya dalam waktu satu hari sehingga membuat anak merasa kelelahan.

Baca juga: Rekomendasi Hotel Dekat ICE BSD untuk Staycation, Kuy Lah

Sebagai solusi, Caca menyarankan kepada orang tua untuk terlebih dahulu melakukan liburan tanpa anak sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, orang tua akan fokus mengedepankan kesenangan anak saat liburan bersama mereka.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Tech Enthusiast Bersiap Indocomtech Hadir Lagi, Intip Bocoran Produknya!

BERIKUTNYA

Menyaksikan Pertunjukan Musikal Broadway di Jakarta: Annie Kisah Klasik Anak Panti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: