Ilustrasi rak buku yang tepat (Sumber gambar: Unsplash/Pickawood)

Simak 4 Cara Memilih Rak Buku yang Tepat, Biar Terlihat Rapi & Kece

07 June 2022   |   16:09 WIB

Saat kalian memutuskan untuk membeli buku, maka seyogyanya kalian juga mesti menyiapkan raknya. Ketiadaan rak dapat menyebabkan buku-buku kalian berserakan, dan bisa dengan mudah rusak atau hilang. Atau bahkan, berpindah ke tangan lain.

Sayang bukan, apalagi jika buku itu masuk kategori buku langka, edisi terbatas, atau ada memori khusus. 
Mulai sekarang, yuk kita siapkan rak buku untuk menyimpan koleksi-koleksi kesayangan kalian. Dengan begitu, buku-buku kalian dapat terjaga dan terawat tentunya. 

Sebetulnya, rak buku ini juga tidak sekadar tempat menyimpan. Furnitur ini juga bisa difungsikan sebagai elemen dekoratif di dalam ruangan. Caranya bisa dengan memilih rak buku berdesain unik atau menempatkan aksesoris di dalamnya. 

Mengenai hal ini, Hypeabis.id punya beberapa tips bagi kalian yang hendak membeli perabotan tersebut. Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 28 Februari 2016, berikut empat hal yang perlu diperhatikan saat memilih rak buku. 
 

1.  Pilih tempat yang sesuai

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah di bagian mana kalian berencana menempatkan rak buku tersebut. Hal ini penting agar kalian bisa menyesuaikan desain dan ukuran rak buku yang akan dipilih. Terkait persoalan ini, kalian bisa memilih rak etager kecil, yang bisa sekaligus digunakan sebagai meja. Sementara etagere yang lebih besar dapat dijadikan partisi. 
 

2. Pikirkan benda apa saja di dalam rak

Selanjutnya, kalian juga harus mempertimbangkan barang apa saja yang akan disimpan ke dalam rak tersebut. Jika ukuran buku bervariasi, kalian harus mencari rak sesuai dengan ukuran buku. Jika ingin menyimpan barang seperti mainan anak, kalian dapat memilih rak yang memiliki laci pada bagian bawah. 
 

3. Terbuka atau tertutup

Kalian pun harus mengetahui apakah lebih menyukai lemari dengan jenis terbuka atau tertutup. Jika kalian memilih dengan sisi lemari terbuka, hal itu dapat memberikan kesan lebih ringan. Namun, kalian juga mesti menjaga supaya bukubuku koleksi tidak mudah terjatuh dari rak. 
 

4. Perhatikan finishing rak buku

Terakhir, kalian juga mesti memperhatikan aspek finishing dari rak buku tersebut. Meskipun bagian finishing adalah dapat disesuaikan dengan selera kalian, tetapi memilih finishing dengan menggunakan pernis akan menjadikan kayu lebih tahan lama. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Kalian Mendesain Rumah dengan Gaya Tropis Modern

BERIKUTNYA

Bikin Bangga, Grup Paduan Suara Batavia Madrigal Singers Akan Berlaga di European Grand Prix Prancis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: