Meski gagal, ada banyak jalan untuk mencapai impian.- Jeswin Thomas (Unsplash)

Tenang Aja, Ini Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan Ketika Gagal SBMPTN

14 June 2021   |   17:56 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para lulusan SMA/SMK atau sederajat yang mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi SBMPTN yang diumumkan hasilnya.

Melalui 30 tautan yang disediakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lolos UTBK SBMPTN 2021 dari total 777.858 peserta untuk total daya tampung 197.657 kursi di perguruan tinggi.

Dari jumlah tersebut, artinya banyak peserta yang gagal dan terpaksa harus menaruh impiannya untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN).

Bagi mereka yang tidak lolos mungkin akan merasa sedih dan kecewa yang luar biasa bahkan tidak sedikit juga yang merasa stress dan depresi.

Namun, kamu tidak perlu merasa bahwa duniamu akan berakhir ketika kamu tidak lolos SBMPTN. Bisa saja keberuntunganmu masih tertunda atau bahkan akan kamu temukan di tempat dan kesempatan yang lain. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu gagal SBMPTN.

1. Mengikuti ujian mandiri
Bagi kamu yang masih bersikukuh ingin mengenyam pendidikan di PTN dan memiliki kemampuan dalam segi finansial, kamu bisa mencoba untuk mengikuti ujian melalui jalur mandiri. Namun, kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit, karena biasanya uang pangkal seleksi jalur ini tidak kecil. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Beberapa PTN yang membuka jalur mandiri yang bisa kamu coba adalah Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran.

2. Mendaftarkan diri di sekolah vokasi
Beberapa PTN di Indonesia seperti IPB dan ITS telah menyediakan sekolah vokasi yang bisa kamu coba sebagai alternatif ketika gagal SBMPTN lho. Meskipun bukan menawarkan studi sarjana atau S1, lulusan D4 dari sekolah vokasi sudah setara dengan S1 lho dengan sebutan sarjana terapan.

3. Kursus persiapan tes SBMPTN
Salah satu penyebab kamu tidak lolos SBMPTN mungkin saja karena kurangnya persiapan salah satunya adalah penguasaan materi yang diujikan. Nah, tidak salahnya bagi kamu yang masih ingin tetap masuk ke salah satu PTN untuk mengikuti kursus persiapan tes SBMPTN tahun depan. Saat ini sudah banyak lembaga kursus yang bisa membantu kamu untuk memahami secara mendalam tentang materi-materi SBMPTN, misalnya Primagama, Nurul Fikri, dan Ganesha.

4. Mencoba ikut SBMPTN lagi tahun depan
Jika kamu tidak lolos SBMPTN tahun ini, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba kembali di tahun depan. Bisa saja tahun keberuntunganmu adalah bukan tahun ini melainkan tahun yang akan datang.  Tentunya hal tersebut harus diiringi dengan persiapan matang yang kamu lakukan baik secara persiapan materi, fisik, dan mental. Selain itu, pengalamanmu mengikuti SBMPTN tahun ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran agar kamu semakin siap menghadapinya.

Tetap semangat  ya Genhype!

Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

7 Fakta tentang Intimate Wedding, Konsep Pernikahan yang Ngetren di Tahun Ini

BERIKUTNYA

Kate Middleton dan Jill Biden Pakai Outfit Serba Pink Saat Kunjungan KTT G7

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: