Samsung rilis buku putih spektrum jaringan generasi keenam atau 6G (Sumber gambar: Samsung)

Kembangkan Teknologi Jaringan Selanjutnya, Samsung Rilis Buku Putih Spektrum 6G

09 May 2022   |   13:01 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics, baru-baru ini meluncurkan buku putih (whitepaper) yang menjabarkan visi perusahaan untuk mengamankan pita frekuensi global dalam rangka pemanfaatan jaringan generasi keenam (6G). 

Ya, kalian tidak salah lihat dan ini bukan salah ketik. Perusahaan itu tengah menyiapkan pengembangan dan pemanfaatan teknologi jaringan generasi keenam atau 6G, yang merupakan kelanjutan dari jaringan generasi kelima atau 5G. 

Samsung merilis makalah berjudul 6G Spectrum: Expanding the Frontier - tersedia untuk publik dan bisa diunduh disini -  yang membahas cara untuk mendapatkan spektrum yang dibutuhkan guna mencapai visi 6G dari perusahaan.
 

(Sumber gambar: Samsung)

(Sumber gambar: Samsung)


Executive Vice President and Head of the Advanced Communications Research Center Samsung, Sunghyun Choi, mengatakan bahwa mereka telah memulai perjalanan untuk memahami, mengembangkan, dan men-standarisasi teknologi komunikasi 6G. 

“Samsung berkomitmen untuk memimpin dan membagikan temuan kami untuk menyebarkan visi guna menghadirkan pengalaman hyper-connected berikutnya ke setiap sudut kehidupan,” katanya dalam keterangan resmi. 

Disebutkan oleh Samsung bahwa 6G akan membutuhkan spektrum dengan bandwidth yang bersebelahan dengan ultra-wideband, mulai dari ratusan Mhz hingga puluhan Ghz, untuk memungkinkan layanan baru seperti hologram seluler dan extended reality (XR) yang imersif. 

Terkait hal tersebut, perusahaan mengusulkan untuk mempertimbangkan semua pita yang tersedia guna pemanfaatan 6G. Ini termasuk pita rendah di bawah 1 Ghz, pita menengah di kisaran 1-24 Ghz, dan pita tinggi kisaran 24-300 Ghz. 

Selain itu, mereka juga menyoroti pentingnya mengamankan pita baru untuk penerapan komersial jaringan 6G, karena jaringan 5G masih akan beroperasi saat penerapan generasi selanjutnya itu akan dimulai. 

Menurut Samsung, mid-band dalam rentang 7-24 GHz adalah kandidat yang tepat untuk dapat mendukung kecepatan data yang lebih cepat dan jangkauan yang normal. Sementara itu, pita sub dalam rentang 92-300 GHz sedang dipertimbangkan untuk mendukung data berkecepatan tinggi. 

Buku putih dari perusahaan juga menyebutkan pembaruan pita yang ada, yang telah digunakan untuk jaringan 3G, 4G, dan 5G ke operasi 6G sebagai cara lain untuk mendapatkan semua spektrum yang diperlukan untuk memaksimalkan layanan jaringan generasi keenam. 


Editor: Gita Carla 

SEBELUMNYA

Syuting Film Guardians of the Galaxy Vol. 3 Rampung 

BERIKUTNYA

5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: