google contact (sumber gambar GSM Arena)

Ini Manfaat Tersembunyi dari Google Contacts

05 May 2022   |   16:30 WIB

Genhype pengguna Android? Pernahkah mengutak-atik aplikasi buku alamat di ponsel? Aplikasi Google Contacts yang berfungsi untuk mengelola kontak di Android memang cukup mudah digunakan, dan karena itu mungkin tidak butuh campur tangan pengguna lebih lanjut.

Namun sebenarnya aplikasi ini punya berbagai fitur lanjutan tersembunyi yang cukup berguna bila Genhype tahu caranya. Versi web Google Contacts juga bisa diakses dari https://contacts.google.com.

Sinkronisasi
Kapan Anda terakhir memindahkan data buku alamat dari ponsel lama ke ponsel baru? Fitur sinkronisasi (penyelarasan data) di Google Contacts membuat hal ini tidak lagi perlu dilakukan. Data buku alamat dari ponsel lama akan otomatis dipindahkan ke ponsel baru lewat sinkronisasi. Namun ada beberapa detil yang tidak ada salahnya diperhatikan.

Pertama, Gehype bisa menggunakan beberapa akun Google di satu ponsel. Bila Anda sebelumnya punya dua atau lebih akun di ponsel lama, hanya akun yang terpasang di ponsel baru saja yang akan disinkronisasi.

Kedua, Google Contacts mendukung jenis akun lain yang belum tentu disinkronisasikan. Misalnya, data kontak di kartu SIM akan otomatis dideteksi di Google Contacts. Namun data ini tidak akan disinkronisasi ke perangkat lainnya. Tentunya ini tidak masalah bila Anda membawa kartu SIM ini di ponsel baru.
 
Screenshot Google Contact
Impor dan Ekspor data
Ada kemungkinan Anda menyimpan data kontak dalam jumlah cukup besar di akun atau aplikasi lain, misalnya aplikasi Microsoft Outlook. Tentunya akan cukup merepotkan bila data tersebut harus dimasukkan lagi secara manual.

Untungnya kebanyakan aplikasi surel dan pengelola informasi pribadi pada umumnya mendukung ekspor data dalam berkas yang bisa dibaca Google Contacts.

Sebagai contoh, Anda bisa mengekspor data dari Microsoft Outlook sebagai berkas CSV (comma separated values). Sebagai alternatif, Anda juga bisa menyimpannya dalam berkas VCF (virtual card format), atau  dikenal juga sebagai vCard.

Sebaliknya, Genhype mungkin ingin pindah ke perangkat iOS atau sistem operasi lain yang tidak mengandalkan akun Google. Google Contacts bisa mengekspor data ini. Ada tiga pilihan: Google CSV, Outlook CSV (untuk Microsoft Outlook), dan vCard.

Impor dan ekspor data bisa dilakukan dari aplikasi Google Contacts di ponsel, walaupun saya sendiri lebih suka melakukannya dari aplikasi web dari desktop.

Tersedia pilihan untuk mengimpor data dari kartu SIM di aplikasi versi ponsel. Simpan kontak dari kartu SIM ini di akun Google untuk memanfaatkan fitur sinkronisasi data.



Memasukkan Banyak Kontak
Biasanya kita memasukkan data kontak baru satu orang dalam suatu waktu. Namun ada kalanya kita ingin memasukkan data beberapa orang  sekaligus, dan kita tidak memiliki datanya dalam berkas VCF/CSV. Dalam hal ini kita bisa menggunakan fitur multiple contacts. Fitur ini baru tersedia di versi web Google Contacts.

Ketika mengklik tombol Create Contacts, Anda akan diberikan pilihan untuk menciptakan satu kontak saja atau beberapa kontak. Dalam hal ini, klik opsi multiple contacts.

Merapikan buku alamat
Pernahkah Anda menemukan data satu orang ternyata terpecah-pecah ke dalam beberapa kontak? Ini bisa terjadi bila orang tersebut punya lebih dari satu nomor telepon dan alamat surel. Anda bisa merapikan data seperti ini dengan fitur Fix and Merge.

Google Contacts akan otomatis memeriksa kontak ganda (duplicate) yang bisa digabungkan, dan menampilkannya. Anda bisa mengkonfirmasinya satu-satu, karena deteksinya belum tentu benar. Bila ternyata deteksi Google akurat, Anda bisa memilih untuk konfirmasi semuanya sekaligus.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Modis Abis! Intip 5 Gaya Inspiratif Outfit Luna Maya saat ke Coachella

BERIKUTNYA

Starbucks Bakal Luncurkan Layanan Keanggotaan Berbasis NFT Akhir 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: