Kota Naha, Okinawa (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Jalan-jalan ke Okinawa, Tempat dengan Banyak Cerita

30 April 2022   |   21:05 WIB

Apa yang terbersit saat menyebut Okinawa? Ternyata banyak hal yang dapat kita temukan tentang wilayah bagian dari Negara Jepang ini. Okinawa terletak di gugusan Kepulauan Ryukyu yang terletak di bagian selatan Negara Matahari terbit. Okinawa merupakan salah satu perfektur yang memiiliki sejarah panjang di Jepang, yang berawal dari kekaisaran Ryukyu.

Hypeabis berkesempatan jalan-jalan di  Naha, Okinawa, beberapa waktu yang lalu, sebagai bagian dalam perjalanan mengikuti kapal pesiar Diamond Cruise. Kapal berangkat dari Pelabuhan Yokohama, Jepang. Setelah dua hari dua malam di lautan, sampailah kapal di Pelabuhan Naha, Okinawa.

Kota Naha adalah ibu kota Okinawa.Naha merupakan pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan pemerintahan Perfektur Okinawa. Pada masa Kekaisaran Ryukyu pada sekitar abad pertengahan dan menjelang zaman modern, Naha merupakan kota perdagangan.

 

Salah satu sudut pusat kota Naha (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Salah satu sudut pusat kota Naha (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)




Aktivitas pemerintahan dan bisnis kota Naha berpusat di Jalan Kokusai-dori. Di sepanjang jalan ini terdapat pusat perbelanjaan Palette Kumoji, Kantor Prefektur Okinawa, Balai Kota Naha, dan gedung perbankan dan perusahaan besar. Di Kokusai-dori juga terdapat berbagai toko, restoran, dan lainnya. Tidak jauh Kokusai-dori Pasar Makishi yang dikenal sebagai pasar sayur, buah, daging, dan ikan segar.

Berikut berapa fakta mengenai Okinawa:


1. Peninggalan Kerajaan Ryukyu

Sejarah Okinawa tidak lepas dari Kerajaan Ryukyu. Kerajaan Ryukyu mendapat pengaruh dari  China, Jepang, dan negara Asia lainnya.  Kerajaan Ryukyu meninggalkan Kastil Shuri yang dibangun pada sekitar abad ke15.  Kastil ini didominasi warna merah yang mencolok, berbeda dengan kastil di Jepang lainnya. Kastil ini berfungsi sebagai pusat administrasi dan kediaman para raja Ryukyu selama beberapa abad hingga Okinawa menjadi prefektur pada 1879.

Namun sayang, kastil yang merupakan situs warisan dunia ini terbakar habis pada 31 Oktober 2019. Mulai 2020, Pemerintah Provinsi Okinawa sedang membangun kembali Kastil Shuri dan diperkirakan selesai pada 2026.

 

Maket Kastil Shuri (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Maket Kastil Shuri (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

2. Pertempuran AS & Jepang pada PD II

Sejarah mencatat, Okinawa tidak lepas dari Perang Dunia II. Pada akhir Perang Pasifik dan Perang Dunia II, pecah pertempuran besar antara Amerika Serikat dan Jepang di Okinawa. Pertempuran ini mulai 1 April 1945 dan berakhir 21 Juni 1945. Pertempuran Okinawa ini juga dikenal dengan operasi Iceberg. Saat ini Okinawa menjadi salah satu lokasi pangkalan militer Amerika Serikat.


3. Penduduk berumur panjang

Okinawa juga dikenal dengan masyarakatnya yang memiliki umur yang panjang. Jika Genhype mengenal diet Okinawa, dari tempat inilah ide diet yang dikenal sebagai diet sehat ini. Diet ini diklaim  tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, tapi juga dapat memperpanjang usia. Masyarakat Okinawa dikenal dengan pola makan tradisional yang mengutamakan asupan sayuran serta produk nabati. Di samping mengonsumsi makanan sehat, penduduk Okinawa juga aktif bergerak.

Selain itu, Okinawa merupakan salah satu tempat di dunia yang disebut sebagai zona biru. Di zona biru dikenal memiliki penduduk yang bahagia dan berumur panjang. Adapun tempat lain di dunia yang termasuk zona biru ini adalah Sardinia (Italia), Nicoya (Kosta Rika) Ikaria (Yunani), dan Loma Linda (California).


4. Tempat asal karate

Genhype penggemar olah raga bela diri karate? Okinawa merupakan tempat asal olah raga bela diri karate. Karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa dan mulai berkembang di Kepulauan Ryukyu. Karate ini mendapat pengaruh dari China. Ini mengingatkan pada film Karate Kid II yang berlatar belakang wilayah dan budaya Okinawa. Film Karate Kid II ini dibintangi oleh Ralph Machio yang berperan sebagai Daniel LaRusso, Pat Morita sebagai Miyagi, Tamlyn Tomita sebagai Kumiko, dan Nobu McCarthy sebagai Yukie. Meskipun  dibuat pada 1986, film ini masih enak ditonton sampai saat ini.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tiket Formula E Jakarta Mulai Dijual 1 Mei, Ini Kategori & Harga Lengkapnya 

BERIKUTNYA

Migrasi Televisi Analog ke Digital, Ini Hal-hal yang Perlu Genhype Ketahui!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: