Buah tin memiliki rasa manis yang unik, tekstur lembut dan kenyal dan dipenuhi dengan biji yang sedikit renyah dan dapat dimakan. (Sumber gambar: Alexandra Kareva/ Unsplash)

10 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

26 April 2022   |   17:55 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

6. Meningkatkan kepadatan tulang

Buah tin merupakan sumber mineral yang baik untuk tulang, termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor. Bahkan, menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah tin mengandung kalsium hingga 3 kali lebih banyak daripada buah-buahan lainnya.

Menjadi sumber potassium yang baik, buah ini dapat membantu melawan ekskresi kalsium melalui urin, yang disebabkan oleh diet tinggi garam. Mengonsumsinya juga mengurangi risiko osteoporosis.
 

Ekstrak buah tin banyak dijadikan skin care untuk kesehatan kulit dan rambut.(Sumber gambar: Christin Hume/ Unsplash)

Ekstrak buah tin banyak dijadikan skin care untuk kesehatan kulit dan rambut.(Sumber gambar: Christin Hume/ Unsplash)

7. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Kerutan, garis halus dan lingkaran hitam yang muncul seiring bertambahnya usia mempengaruhi kecantikan wajah kamu. Nah, buah ini memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan yang tidak diketahui banyak orang. Beberapa produk kosmetik  mengandung ekstrak buah ara karena membantu memperbaiki dan meremajakan kulit.

Buah tin dapat mengurangi tanda-tanda penuaan ini karena  memiliki sifat antioksidan dan anti-kolagen yang membantu mengurangi munculnya kerutan. Juga, dapat membantu mengurangi sebum dan melanin untuk membuat wajah kalian bercahaya.

Buah tin juga bisa dioleskan langsung ke wajah untuk menyembuhkan bisul dan jerawat di wajah. Menurut penelitian, buah ara memiliki senyawa lateks yang dapat membantu dalam menyembuhkan kutil.

Buah ini juga baik untuk rambut rontok yang disebabkan kekurangan nutrisi, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Oleskan buah ara ke rambut kamu untuk dapat menghidupkan kembali kilau dan kesehatannya.


8. Mengatasi disfungsi ereksi

Lindungi kesehatan seksual kamu dengan makan buah tin. Buah yang kaya akan asam amino ini, memiliki sejarah mampu meningkatkan kesuburan dan membuat afrodisiak yang hebat. Rendam 4-5 buah tin dalam susu segar semalaman dan nikmati di pagi hari untuk mengatasi kelemahan.


9. Meningkatkan kualitas diet dan membantu menajemen berat badan

Sudah pasti bahwa buah tin menjadi salah satu makanan yang membantu manajemen berat badan, karena tinggi serat dan kaya vitamin dan mineral. Makanan berserat tinggi memberikan perasaan kenyang dan dapat mengurangi rasa lapar.


10. Menurunkan tekanan darah

Buat kalian yang suka banget mengonsumsi fast food yang mengendung banyak sodium (garam), buah ini wajib masuk dalam menu diet kamu. Secara alami, buah tin meningkatkan kadar kalium dan membantu mengelola tekanan darah.


Namun apakah buah ini aman untuk semua orang?

Tidak semua orang merasa nyaman makan buah tin, misalnya vegan mungkin menghindari buah tin karena beberapa varietas diserbuki oleh tawon yang mati selama proses penyerbukan.

Jika kalian memiliki alergi terhadap serbuk sari, kemungkinan kalian akan mengalami reaksi terhadap buah ini. Pohon buah tin juga mengandung lateks alami, yang beberapa orang juga memiliki alergi terhadapnya.

Untuk kalian yang disarankan untuk mengikuti diet rendah oksalat (yang biasanya ditujukan untuk penderita batu ginjal), kalian harus menyadari bahwa buah ini mengandung oksalat yang tinggi.

Selain itu, buah tin kaya akan vitamin K, sehingga jika dokter memberi resep obat pengencer darah, kalian harus menjaga asupan buah ini. Buat yang baru mencoba, nikmati buah tin dalam jumlah sedang, karena buah ini mengandung efek pencahar. Alih-alih sehat, kalian malah harus bolak-balik ke toilet.

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Ini Aplikasi yang Banyak Dibagikan Selama Ramadan, Yuk Cek Apa Saja

BERIKUTNYA

PSY Bocorkan Cuplikan Lagu That That, Kolaborasi Produksi dengan SUGA BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: