Pagelaran busana Sustainable Modest Fashion di Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022. (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Intip Koleksi Terbaru dari 7 UMKM di Sustainable Modest Fashion MUFFEST+ 2022

22 April 2022   |   16:31 WIB

Kamis (21/04/2022), Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022 hadir dengan pagelaran busana terbaru dalam acara Sustainable Modest Fashion. Berkolaborasi dengan perusahaan kain dan serat Asia Pacific Rayon (APR), ada tujuh desainer UMKM yang menghadirkan variasi koleksi terbaru dalam kategori ready-to-wear.

Secara umum, koleksi dari Gajah Duduk, Inen Signature, BT Baju Trusmi, Bajufuku, Gamaleea, IDE Indonesia, dan Aruna Creative x Nicolo menghadirkan kreasi wastra dengan variasi pendekatan. Sebagian desainer mengusung konsep kontemporer dengan kombinasi kain polosan dan wastra, lainnya mengusung konsep yang sederhana dalam rupa pakaian syar'i.
 

1. Kreasi Indonesia oleh Gajah Duduk

Koleksi UMKM Gajah Duduk dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM Gajah Duduk dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Identik dengan pakaian men's wear, Gajah Duduk memperkenalkan setidaknya menggunakan kombinasi batik dan kain jacquard yang terbuat dari kain sarung. Warna yang hadir umumnya merupakan warna netral seperti cokelat, putih, hitam, dan abu-abu. 

Gajah Duduk mengenalkan setidaknya 16 pakaian yang terdiri dari kemeja lengan panjang dan pendek serta sarung dalam koleksi Kreasi Indonesia. Rencananya, koleksi ini dihadirkan selama masa Ramadan 2022.
 

2. Merenda Perca oleh INEN Signature

Koleksi UMKM INEN Signature dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM INEN Signature dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


INEN Signature mengenalkan koleksi Merenda Perca yang merefleksikan upaya keberlanjutan melalui penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan. Ada 10 busana yang dibuat dengan memanfaatkan kain perca produksi menjadi pakaian dengan detil yang cantik dan unik berkonsep feminine romantic.

Dengan warna-warna earth tone seperti kuning, merah muda, cokelat, jingga, biru muda, hingga turquoise pucat, INEN mengenalkan wastra dengan pendekatan motif ecoprint seperti daun-daunan dan bunga serta kombinasi kain tenun lurik dengan pewarnaan alami.
 

3. Mega Mendung oleh BT Batik Trusmi

 

Koleksi UMKM BT Batik Trusmi dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM BT Batik Trusmi dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


BT Batik Trusmi mengenalkan koleksi Mega Mendung dengan memanfaatkan wastra bercorak Mega Mendung khas Cirebon dan kain-kain polosan berwarna cerah seperti merah muda, biru, kuning, oranye, dan putih. Desainnya menggunakan tampilan yang modest modern untuk kesan kebijaksanaan.

Setidaknya ada 6 koleksi dalam Mega Mendung yang terdiri dari 4 koleksi modest women's wear yang kontemporer dengan kesan feminin romantis dengan detail lengan puff dan layering serta dua koleksi men's wear yang simpel.
 

4. Purity and Longevity oleh Bajufuku 

 

Koleksi UMKM Bajufuku dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM Bajufuku dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


Bajufuku mengusung konsep syar'i dengan model yang sederhana dan kombinasi batik pada beberapa bagian. Dengan tema Nusantara, ada delapan pakaian yang didominasi oleh warna gelap seperti hitam, cokelat, biru, dan merah tua yang dicampurkan dengan batik Kawung yang monogram untuk kesan yang lebih segar. Koleksi yang rilis pada bulan ini adalah wujud apresiasi dari keberagaman seni dan budaya Nusantara melalui wastra dan kain rayon yang nyaman dengan desain eksklusif.
 

5. Confidence oleh Gamaleea

 

Koleksi UMKM Gameela dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM Gamaleea dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


Terinspirasi dari taman bunga yang beraneka ragam, koleksi Confidence yang menjadi bagain dari koleksi Raya 2022 ini memiliki kecantikan dengan variasi karakter. Desain yang digunakan cenderung simpel dengan kesan mewah, nyaman, dan elegan.

Dengan delapan pakaian, Confidence menggunakan warna earth tone yang hangat dan nyaman serta warna hitam yang sarat dengan kesan independen dan percaya diri. Tidak hanya itu, desainnya yang cenderung feminin dan romantis juga ditonjolkan pada aksen pita, payet, lipatan, dan ruffles.
 

6. Urban Style oleh IDE Indonesia

 

Koleksi UMKM IDE Indonesia dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM IDE Indonesia dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


Hadir dengan 10 koleksi, IDE Indonesia membawakan bahan ecoprint dengan motif daun, bunga, dan pewarna alam dari kayu, kulit buah, daun, akar dan bagian tumbuhan lain. Model yang dihadirkan mengarah pada konsep kontemporer yang identik dengan konstruksi pakaian berlapis atau layering, detail fungsional seperti kantong, dan menggunakan perpaduan motif.

Satu model pakaian dalam koleksi ini dibuat oleh satu orang desainer ecoprinter yang memiliki label pakaian sendiri, yaitu B.eco, Ecoprint Annabae, Elwe Collection, Edith House, Swarna Bhumi, Okvisa, C'MeyModiste, Veronica Ing, Godongkoe, dan Liberty Eco. Semua pakaian memadukan kain tenun lurik dengan pewarna alami, sehingga tercipta pakaian dengan warna kuning, cokelat, jingga, abu-abu, putih, hijau, dan merah bata.
 

7. TRUNTUM oleh Aruna Creative X Nicolo

 

Koleksi UMKM Aruna Collective X Nicolo dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)

Koleksi UMKM Aruna Creative X Nicolo dalam Sustainable Modest Fashion, Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, Kamis (21/04/2022). (Sumber: MUFFEST+ 2022)


Dua label pakaian dari satu perusahaan ini menciptakan koleksi wastra modern dengan kain denim viscose dan menghasilkan 10 pakaian ready-to-wear laki-laki dan perempuan. Yuliana Fitri selaku brand owner ARUNA menjelaskan bahwa koleksi ini bertujuan untuk mentransformasi wastra ke dalam bentuk kain yang ramah lingkungan.

Didominasi warna biru, indigo denim, cokelat, dan putih, koleksi TRUNTUM mengangkat motif Truntum yang merupakan motif klasik seni wastra sebagai simbol dari cinta yang bersemi kembali tanpa syarat dan terus tumbuh. Teknik penggambaran menggunakan goresan canting berlapis dan teknik kuas khusus yang menciptakan percampuran warna. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

MUFFEST+ 2022 Hadirkan Konsep Sustainable dalam Modest Fashion Terbaru

BERIKUTNYA

Upaya Bangkitkan Kartini Di Sektor Seni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: