Sama halnya seperti hubungan pasangan, sebuah pertemanan juga bisa menjadi beracun (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)

Awas, Ini 7 Tipe Teman Toksik yang Harus Dihindari

16 April 2022   |   09:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki banyak teman memang bisa menjadi keuntungan tersendiri. Melalui teman-teman, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan koneksi soal pekerjaan, keuangan hingga peluang usaha. Namun, sama halnya seperti hubungan pasangan, sebuah pertemanan juga bisa menjadi beracun jika kita menemukan teman yang toksik.

Teman yang toksik biasanya akan membuat kita merasa stres dan segalanya menjadi lebih rumit daripada seharusnya. Pertemanan semacam ini biasanya akan menguras energi lebih banyak, serta tak jarang membuat penyesalan atas waktu yang dihabiskan bersama mereka.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih teman dengan bijak. Agar tidak terjebak dalam pertemanan yang beracun, berikut adalah 7 tipe teman toksik yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (16/4/2022).
 

1. Tukang kritik

Sosok teman satu ini biasanya cenderung jahat dan memiliki sifat mengendalikan. Mereka sering memberikan komentar negatif tentangmu dan menganggapnya sebagai lelucon. Alih-alih membiarkannya, kalian harus waspada bahwa itu adalah cara mereka membuat diri mereka merasa lebih baik dengan membuat orang lain tidak memperdulikanmu. Padahal, teman sejati seharusnya tidak saling menjatuhkan.
 

2. Ada butuhnya saja

Tipe teman yang hadir hanya saat mereka butuh tampaknya banyak di sekeliling kita. Mereka biasanya membuat rencana denganmu dan mengundangmu ke pesta untuk suatu hal seperti berusaha meningkatkan status sosial mereka atau mencari pasangan lewatmu. Mereka juga akan sering menelepon ketika butuh ditemani. Namun, begitu kamu telah memenuhi semua hasratnya, mereka akan hilang.
 

3. Penguras energi

Jenis teman satu ini biasanya selalu membutuhkanmu dan memintamu untuk meninggalkan segalanya ketika mereka menelepon. Meski penting untuk mendukung teman, kalian juga harus menerapkan batasan. Jika tidak, ini akan menguras waktu dan tenagamu.

(Baca juga: Awas, Ini 7 Tanda Kamu Terjebak Teman yang Toxic)
 

b

 Penting untuk memilih teman dengan bijak (Sumber gambar: Keira Burton/Pexels)

4. Pengaruh negatif

Pada jenis ini, teman biasanya tidak pernah puas dengan apapun yang mereka miliki. Akibatnya, mereka selalu mengeluh dan merengek tentang betapa tidak adilnya dunia ini, termasuk memandang negatif hampir semua hal.
 

5. Ratu drama

Setiap orang pasti memiliki ‘drama’ kehidupannya masing-masing mulai dari merasa kecewa, patah hati hingga kesedihan. Hal ini tak jarang yang membuat kita merasa perlu hadirnya seorang teman. Namun, untuk mereka yang ratu drama alias drama queen, mereka tidak akan berubah karena suka untuk larut dalam hal-hal tersebut.
 

6. Tukang gosip

Teman satu ini biasanya selalu menyebarkan rumor atau gosip. Mereka perlu dihindari karena ketika sering membicarakan orang lain, besar kemungkinan kamu juga menjadi bahan obrolannya. Jadi, jangan sampai menyimpan rahasia dengan tipe teman seperti ini dan berhati-hatilah dengan apa yang kalian katakan pada mereka.
 

7. Pembuat masalah

Tipe teman satu ini sekilas terlihat keren tetapi justru cenderung membuat kalian berada dalam masalah. Sebab, mereka biasanya agak tidak stabil dan sulit diprediksi sehingga bisa menguras energimu untuk itu. Jika berteman dengan tipe satu ini, kemungkinan besar kamu juga akan terlibat dalam permasalahan yang mereka buat.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Identik dengan Bulan Puasa, Yuk Ketahui Asal-usul Istilah Takjil

BERIKUTNYA

Pelepas Dahaga Setelah Puasa, Cicipi Resep Es Cendol Ini Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: