Telur asin (Sumber gambar: Telur Asin Mr Instagram)

4 Fakta Menarik Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui

13 April 2022   |   07:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang tak kenal dengan olahan unik telur bebek yang diasinkan atau disebut telur asin? Rasanya yang gurih dan penyajiannya yang praktis membuat telur asin kerap menjadi salah satu lauk pendamping makan yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Makanan khas Brebes ini pun bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, mulai dari dimakan secara utuh maupun dimakan sebagai bumbu pelengkap, rasa telur asin tetap dapat memanjakan lidah.

Selain rasanya yang nikmat, telur asin juga memiliki beberapa fakta unik berikut ini.
 

1. Jadi warisan budaya

Telur asin awalnya dikenal sebagai santapan yang disajikan pada saat ritual sembahyang kepada Dewa Bumi oleh masyarakat peranakan Tionghoa di Brebes, yang kemudian terkenal menjadi oleh-oleh khas asal Brebes.

Berangkat dari sejarah tersebut, pada tahun 2020, Kemendikbud menetapkan telur asin sebagai warisan budaya tak benda. Selain kisah perjalanan yang panjang, telur asin juga dinilai memiliki nilai akulturasi bagi masyarakat Brebes. Pasalnya, olahan telur asin ini telah diterima oleh masyarakat luas, serta dijajakan di Brebes sejak tahun 1950-an oleh masyarakat peranakan Tionghoa.


2. Proses pembuatannya mudah

Memiliki cita rasa yang unik, ternyata proses pembuatan telur asin cukup praktis. Bermodalkan  air, garam, dan stoples, telur asin yang gurih sudah bisa tersaji di meja makanmu.

Pertama-tama pastikan telur yang akan diasinkan dalam keadaan bagus dan sudah dibersihkan. Agar proses pengasinan semakin optimal, kamu juga bisa mengamplas telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa asin dari garam lebih mudah meresap.

Setelah itu, masukkan garam ke stoples yang berisi air dan masukkan telur yang sudah dibersihkan ke dalam stoples yang sama. Setelah itu, diamkan selama 10-12 hari dan
pastikan telur tidak terkena cahaya matahari. Terakhir, jangan lupa untuk rebus telur dengan api kecil selama kurang lebih 1,5 jam. Cukup mudah, bukan?
 

Salah satu menu olahan telur asin (Sumber gambar: Saltesse)

Salah satu menu olahan telur asin (Sumber gambar: Saltesse)


3. Bisa diolah berbagai menu

Tidak hanya sebagai telur utuh, telur asin juga dapat disajikan dalam bentuk bumbu pelengkap, mulai dari bubuk telur asin hingga saus telur asin. Awalnya, sajian menu berbahan dasar telur asin ini dicetuskan oleh restoran chinese food di Singapura yang kemudian semakin populer hingga merambah ke Indonesia.

Akhirnya, berkat cita rasa yang akrab di lidah orang Indonesia dan inovasi unik yang dihadirkan melalui bumbu telur asin, tren ini pun laku keras di tengah pasar hingga menjangkau berbagai kalangan. 

(Baca juga: Cicipi Salted Egg Chicken yang Menggugah Selera ala William Gozali)


4. Bisa diolah jadi makanan kekinian

Sudah tidak asing rasanya mendengar nama makanan yang dilengkapi dengan bumbu telur asin atau dikenal juga dengan salted egg. Bermula dari tren kekinian yang digemari banyak orang, kini menu santapan berbumbu telur asin sudah menjadi salah satu menu andalan praktis yang mudah ditemui.

Telur asin pun bisa menjadi diolah untuk menjadi berbagai makanan kekinian yang banyak dijual di restoran seperti Creamy Salted Egg Chicken Rice dan Spicy Salted Egg Chicken Rice yang gurih dan pedas, hingga camilan seperti Salted Egg Potato Chips yang renyah dan Salted Egg Sauce Jar yang praktis.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Laptop Baru Huawei MateBook D14 & D15 Meluncur, Segini Harganya

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Kuliner Timur Tengah dan Ciri Khasnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: