The Square Restaurant menyajikan lebih dari 100 hidangan khas Timur Tengah dan Nusantara untuk berbuka puasa selama Ramadan (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Restoran Ini Tawarkan Sajian Nusantara & Timur Tengah Khusus Ramadan

11 April 2022   |   20:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

The Square Restaurant menyajikan lebih dari 100 hidangan khas Timur Tengah dan Nusantara untuk berbuka puasa selama Ramadan. Dengan mengusung konsep all you can eat Ramadan dinner, para pengunjung dapat mencicipi hidangan-hidangan yang disajikan.

Beberapa menu Khas Timur Tengah yang dihidangkan seperti Nasi Kabsah, Nasi Kebuli, Umm Ali, Baklava, Lamb Shawarma, dan Mohalabia. Sementara untuk hidangan-hidangan khas Nusantara di antaranya Ayam Sampyok, Rendang, Soto Blora, Sup Ikan Kuah Bening, Colenak dan Kicak.

Executive Sous Chef Novotel Tangerang Benvi Oskarino mengatakan dari berbagai menu tersebut, beberapa di antaranya menjadi signature yakni Ayam Sampyok, Pecak Ikan Gurame, dan Shawarma.

“Jadi kami coba hadirkan menu-menu yang otentik begitupun juga yang di buffet dan noodle corner. Kadang juga ada Indonesian Corner, Asian Corner dan sentuhan Timur Tengahnya yang kami tonjolkan juga,” kata Chef Benvi saat ditemui di Tangerang, belum lama ini.
 

Ayam Sampyok

Ayam Sampyok (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Lebih lanjut, Chef Benvi menjelaskan bahwa Ayam Sampyok merupakan makanan khas Betawi yang biasanya dihidangkan saat acara-acara tertentu. Ayam Sampyok dibuat dengan menggunakan rempah-rempah khas Betawi dengan kombinasi bumbu khas Tionghoa peranakan, sehingga menghasilkan rasa yang kuat.

Ayam Sampyok sendiri memiliki tampilan seperti ayam panggang tradisional. Namun, untuk bumbunya, Ayam Sampyok menggunakan tiga jenis bumbu yakni bumbu iris yang terdiri dari serai, bawang merah dan bawang putih.

Kedua, bumbu halus yang terbuat dari cabai keriting merah, cabai rawit, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lada, ketumbar dan kacang tanah goreng yang dihaluskan secara terpisah. Adapun, bumbu ketiga yakni bumbu aromatik yang terdiri dari daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang digeprek.
 

Hawalat El Jibn & Colenak (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

(Baca juga: Intip 12 Hidangan Signature dalam Menu Ramadan Nusantara Raffles Hotel)

Untuk menu signature selanjutnya juga masih berasal dari Betawi yakni Ikan Pecak Gurame. Chef Benvi mengatakan yang menjadikan Ikan Pecak Gurame spesial adalah adanya bumbu dan rempah seperti kencur, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, ketumbar,  daun jeruk, jahe, terasi, dan jeruk nipis.

“Variasi menu Timur Tengah dan Nusantara ini akan menggoyang lidah bagi siapapun yang menikmatinya. Kami juga coba tampilkan beberapa menu tradisional yang saat ini sudah jarang ditemui di tempat umum, seperti Kicak, camilan dari Jogja, dan juga Colenak khas Jawa Barat,’’ kata Chef Benvi.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Headset Gaming buat Gamers Sejati 

BERIKUTNYA

4 Fakta Menarik tentang Tradisi Baju Baru saat Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: