Ada beberapa kiat yang perlu dilakukan agar beribadah Ramadan saat pandemi tetap aman (Sumber gambar: Mentatdgt/Pexels)

5 Cara Aman Jalankan Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi

05 April 2022   |   12:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Pastikan kebersihan saat membeli makanan

Saat harus keluar rumah untuk membeli makanan di warung atau restoran, pastikan kebersihan tempat tersebut. Hindari membeli makanan di tempat yang ramai dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Ada baiknya kalian juga lebih teliti dalam memastikan kebersihan makanan yang akan dibeli.

Sebagai alternatif, kalian bisa menggunakan layanan pesan antar untuk menghindari kerumunan di tempat makan. Jangan lupa pula mencuci tangan dengan sabun sebelum menyantap makanan.
 

4. Hindari makan di tempat umum

Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk makan di tempat umum seperti kafe atau restoran. Meski begitu, ada baiknya untuk tetap menghindari makan saat berbuka puasa dan sahur di tempat umum.

Kalian bisa melakukan sahur dan buka puasa bersama keluarga di rumah. Selain lebih aman, kalian juga bisa meningkatkan waktu bersama keluarga di rumah. Bisa juga berkreasi dengan memasak menu untuk sahur dan buka puasa bersama, atau bisa juga memesan makanan serta menyantapnya bersama keluarga di rumah.
 

5. Lakukan vaksinasi untuk menjaga imun tubuh

Bagi kalian yang sudah mendapatkan jadwal vaksinasi, enggak perlu ragu untuk vaksinasi ataupun booster pada bulan puasa. Majelis Ulama Islam (MUI) menyatakan bahwa vaksinasi bisa dilakukan pada saat seseorang tengah menjalankan puasa.

Pada kasus vaksinasi Covid-19, vaksin diberikan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin  melalui otot.  Model ini dikenal juga dengan istilah injeksi intramuskular, sehingga vaksinasi Covid-19 dinyatakan tidak membatalkan puasa.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Pemerintah Inggris Singgung Persoalan Loot Box, Mengakibatkan Kecanduan?

BERIKUTNYA

Tingkat Push Notification Asia Tenggara Baru 42 Persen, Indonesia Capai 60 Persen 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: