Ilustrasi studio rekaman musik. (sumber gambar: Caught in Joy/Unsplash)

Tren Streaming Musik Berbayar Dorong Pertumbuhan Pasar Rekaman Global

27 March 2022   |   15:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dari fonograf, gramofon, piringan hitam, kaset, hingga compact disc (CD) cara mendengarkan musik terus berevolusi. Kini kita lebih akrab dengan format musik digital di platform streaming berbayar yang berhasil mendorong pertumbuhan pasar musik rekaman global sebesar 18,5 persen sepanjang 2021 dengan pendapatan US$25,9 miliar.

Dilansir dari laman situs International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), pendapatan streaming berlangganan berbayar mengalami peningkatan 21,9 persen atau sebesar US$12,3 miliar. Terdapat 523 juta pengguna akun langganan berbayar hingga akhir 2021 lho.

Sementara total streaming, termasuk langganan berbayar dan yang didukung iklan, tumbuh 24,3 persen mencapai US$16,9 miliar atau 65 persen dari total pendapatan rekaman musik global.

Selain pendapatan streaming, pertumbuhan pasar musik rekaman global sepanjang tahun lalu juga mendapatkan dorongan dari keuntungan sektor lain, termasuk format fisik yang tumbuh 16,1 persen dan performance rights yang tumbuh 4 persen.

Kepala Eksekutif IFPI Frances Moore menyatakan para perusahaan rekaman di seluruh dunia terlibat di level yang sangat lokal dalam industri rekaman untuk mendukung budaya musik dan membawa perkembangan ekosistem musik yang muncul.

Para perusahaan tersebut memperjuangkan musik lokal dan menciptakan peluang untuk menjangkau audiens global. Seiring kematangan pasar, mereka bergabung dan berkontribusi pada dunia musik yang kaya dan saling terhubung secara global.

“Akibatnya, pasar musik saat ini adalah yang paling kompetitif dalam ingatan. Fans menikmati musik lebih dari sebelumnya dan dalam banyak cara yang berbeda dan baru,” katanya.

Kondisi ini menciptakan peluang besar bagi seniman. Mereka yang memilih untuk bermitra dengan perusahaan rekaman, lanjutnya, melakukannya untuk mendapatkan keuntungan dari dukungan tim ahli global yang tangkas dan sangat responsif.

Tim ahli global tersebut juga memiliki dedikasi untuk membantu para seniman mencapai kesuksesan kreatif, komersial, dan membangun karir jangka panjang.

“Seiring teknologi dan lingkungan online terus berevolusi dan berkembang, demikian juga peluang kreatif untuk berbagi pengalaman musik,” katanya.

Perusahaan rekaman, lanjutnya, telah berinvestasi pada orang-orang dan teknologi untuk menghadirkan pengalaman baru yang sangat interaktif sehingga menambah cara yang berkembang bagi artis untuk menjalin hubungan dengan penggemar mereka, baik itu dari metaverse hingga gim.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Kata Kurator Pameran Indonesian Women Artists tentang Karya Wanita Perupa

BERIKUTNYA

Anna Delvey, Penipu Ulung yang Melahirkan 20 Karya Seni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: