Ilustrasi rumah nuansa hijau (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

5 Tren Dekorasi Rumah Paling dicari di TikTok

27 March 2022   |   11:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tren gaya hidup umumnya selalu berubah setiap tahunnya. Berbagai prediksi tren gaya hidup untuk tahun ini pun bermunculan, mulai dari fesyen, kecantikan, kuliner, hingga desain rumah. Platform TikTok pun turut memberikan pandangan tren desain dekorasi rumah pada tahun ini.

Pada aplikasi video singkat itu, tagar #interiordesigntrends2022 mencapai 5,2 juta views yang berisikan inspirasi dekorasi rumah yang tengah digandrungi banyak orang. Dari sekian banyak desain dekorasi rumah, berikut adalah 5 tren teratas di TikTok.


1. Ubin DIY

 

g

Sumber gambar: Pawel Czerwinski / Unsplash

Tahun ini, banyak orang yang mulai bereksplorasi dengan aksen ubin yang dibuat sendiri atau Do It Yourself (DIY). Aksen tersebut di antaranya diterapkan pada beberapa bagian dekorasi seperti bingkai cermin, meja samping hingga tatakan gelas. Meski dibuat sendiri, kamu juga perlu membuat aksen yang aman, mudah diakses dan menarik.

Dengan desain seperti ini, kamu bisa menciptakan semburat tekstur yang menarik di ruangan, sekaligus memberikan kesan nuansa meditatif dari motif yang ditampilkan.


2. Nuansa hijau

Sumber gambar: Jane Duursma/Unsplash

Kerinduan yang muncul untuk bertualang di alam bebas setelah sekian lama beraktivitas di dalam rumah, membuat banyak orang mendekor rumah dengan nuansa warna hijau untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. 

Hal ini terutama diterapkan pada ruang tengah dan dapur dalam rumah. Orang-orang juga mulai meninggalkan desain interior monoton yang serba putih, seperti Kendall Jenner dan Dakota Johnson yang mendesain dapur serba hijau pada awal  2020 lalu.
 

3. Backsplash

 

Sumber gambar: Dane Deaner/Unsplash

Sumber gambar: Dane Deaner/Unsplash

Meskipun backsplash bukan tren yang baru, nyatanya hal itu terus digandrungi banyak orang sampai saat ini. Istilah backsplash mengacu pada bagian vertikal dari konter dapur terutama area antara kabinet bawah dan kabinet atas dapur di rumah. Fungsinya tak lain adalah untuk melindungi dinding dapur dari cipratan air, minyak atau kotoran lainnya.

Selain itu, backsplash juga bisa digunakan sebagai opsi penyimpanan yang mudah diakses serta menyatu dengan desain yang ada terapkan di dapur. Hiasi backsplash dengan dekorasi seperti tanaman dan karya seni berbingkai, serta alat-alat fungsional sekaligus bisa menjadi dekorasi seperti tempat bumbu.


4. Dinding bertekstur

 

b

Sumber gambar: Annie Spratt / Unsplash

Semakin banyak waktu yang dihabiskan di rumah, semakin besar keinginan orang-orang untuk meramaikan ruang-ruang dalam rumah. Dinding bertekstur adalah cara yang bagus untuk menambahkan beberapa tekstur alami, baik itu dengan kayu, batu bata, rotan, plester, atau bahkan hanya cat untuk hasil akhir yang sederhana namun efektif serta mudah dibuat.

(Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Fasad Rumah & 7 Tipe yang Sering Digunakan)


5. Gelas funky

 

b

Sumber gambar: Dziana Hasanbekava / Pexels

Gelas-gelas elegan dan klasik tampaknya menjadi bagian dari dekorasi rumah yang tak lekang oleh zaman. Namun, gelas-gelas funky penuh warna menjadi yang paling dicari saat ini. Bisa digunakan untuk piknik dan pesta kebun, gelas-gelas funky dapat menyumbangkan warna yang mencolok pada pengaturan meja yang datar, serta menambahkan nuansa pribadi saat mengaturnya dengan warna yang berbeda untuk tiap-tiap tamu. Sementara itu, bentuk dan siluet retro membuat tampilan meja tampak unik sekaligus menarik. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pameran Indonesian Women Artists Hadir Lagi di Galeri Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Ada Ratusan Karya, Cek Daftar Pemenang Kompetisi Video ConviDENS 2022!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: