Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Atasi hipertensi dengan perubahan gaya hidup (Sumber: dok. Freepik)

Kenali 2 Tanda Hipertensi di Wajah

09 June 2021   |   12:35 WIB

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani. Namun kerap kali kita tidak menyadari memiliki kondisi ini. 

Kamu tahu enggak tekanan darah ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri? Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, semakin tinggi tekanan darah. 

Nah, ada dua tanda di wajah yang menunjukkan kita menderita hipertensi, lho. 

Melansir Express UK, tanda pertama yakni wajah memerah. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di wajah melebar. Kata American Heart Association biasanya wajah yang memerah terjadi secara tidak terduga atau sebagai respons terhadap paparan sinar matahari, cuaca dingin, makanan pedas, angin, minuman panas, dan produk perawatan kulit.

Namun kondisi ini juga dapat terjadi karena stres emosional, paparan panas atau air panas, konsumsi alkohol, dan olahraga yang semuanya dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu.

“Walaupun wajah memerah dapat terjadi saat tekanan darah lebih tinggi dari biasanya, tekanan darah tinggi bukanlah penyebab wajah memerah," sambung asosiasi ini.

Kedua, adanya bintik darah di mata (perdarahan subkonjungtiva). Kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes atau tekanan darah tinggi.

Para dokter mata dapat mendeteksi kerusakan saraf optik yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak diobati.

Gejala lain bahwa kamu mungkin berisiko terkena tekanan darah tinggi meliputi nyeri dada, sesak napas, sakit kepala, defisit neurologis, mimisan, dan pusing. 

Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Salah satu intervensi paling sederhana namun efektif yang dapat kamu lakukan adalah mengurangi asupan garam.

Yuk, kurangi makanan tinggi garam yang biasanya jadi makanan favorit kamu tuh.

Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA
Ingin Tambah Cuan? Ini Beberapa Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dicoba
BERIKUTNYA
Google Meet Luncurkan Fitur Latar Belakang Video

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: