ilustrasi (sumber gambar: Rachel Claire dari Pexels)

World Wildlilfe Day 2022 Angkat Soal Status Konservasi Spesies Langka

03 March 2022   |   16:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 3 Maret, dunia merayakan World Wildlife Day, sebuah hari untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran akan hewan dan tumbuhan liar di dunia. Pada tahun ini, tema World Wildlife Day adalah Recovering Key Species for Ecosystem Restoration.

Dilansir dari laman wildlifeday.org, perayaan World Wildlife Day tahun ini akan berusaha menarik perhatian pada status konservasi beberapa spesies fauna dan flora liar yang terancam punah, dan untuk mendorong diskusi untuk memikirkan dan mengimplementasikan solusi pelestariannya.

“Semua percakapan akan diinspirasi oleh dan berusaha untuk menginformasikan upaya pencapaian UN Sustainable Development Goals (SDGs),” demikian tertulis dalam laman tersebut.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species, lebih dari 8.400 spesies fauna dan flora liar masuk kategori critically endangered.

Sementara itu, hampir 30.000 lainnya masuk dalam kategori understood to be endangered or vulnerable. Berdasarkan estimasi tersebut, diperkirakan lebih dari satu juta spesies menghadapi threatened with extinction.
 

World Wildlife Day 2022/wildlifeday.org

World Wildlife Day 2022/wildlifeday.org


Hilangnya spesies, habitat, dan ekosistem yang terus berlanjut juga mengancam semua kehidupan di bumi, termasuk manusia.

Individu di mana pun bergantung pada satwa liar dan sumber daya berbasis keanekaragaman hayati untuk memenuhi semua kebutuhan, mulai dari makanan, bahan bakar, obat-obatan, perumahan, dan pakaian.

Jutaan orang juga mengandalkan alam sebagai sumber mata pencaharian dan peluang ekonomi mereka.

Untuk diketahui, World Wildlife Day yang dirayakan setiap 3 Maret, ditetapkan pada 20 Desember 2013 pada sesi ke-68 United Nations General Assembly (UNGA).

Tanggal ini ditetapkan sebagai World Wildlife Day lantaran pada 3 Maret 1973 silam terdapat penandatanganan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES).

Adapun tema  World Wildlife Day selalu berubah sesuai dengan isu yang berkembang pada tahun bersangkutan. Berikut Tema World Wildlife Day dari tahun ke tahun:

2021: "Forests and Livelihoods: sustaining people and planet"
2020: "Sustaining all life on earth"
2019: "Life below water: for people and planet"
2018: "Big cats - predators under threat".
2017: "Listen to the young voices".
2016: "The future of wildlife is in our hands", with a sub-theme "The future of elephants is in our hands".
2015: "It’s time to get serious about wildlife crime".

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Mau Beli Mobil? Jangan Lupa Manfaatkan Relaksasi PPnBM & Promo APM

BERIKUTNYA

80.000 Orang Melancong dengan Kereta Api pada Libur Nyepi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: