Apple iPhone (dok. Pexels/Mateusz Taciak)

Segini Pendapatan Apple & Samsung dari Jualan Smartphone 

28 February 2022   |   20:34 WIB

Pasar ponsel pintar (smartphone) global mengalami dinamika naik turun sepanjang 2021, dengan kondisi pandemi yang tak kunjung rampung, serta kelangkaan pasokan cip yang juga belum terselesaikan. Kendati begitu, tahun lalu menunjukkan adanya pemulihan secara keseluruhan. 

Data terbaru dari firma riset Counterpoint Research menunjukkan bahwa pendapatan pasar ponsel pintar global sepanjang tahun lalu berkisar US$448 miliar. Angka ini mencatatkan peningkatan tahunan sebesar 7 persen dari periode sebelumnya. 

Raksasa teknologi Apple menjadi pemimpin dalam hal pendapatan penjualan smartphone dengan angka US$196 miliar. Jumlah ini meningkat sekitar 35 persen dari tahun sebelumnya yang mencatatkan pendapatan sebesar US$146 miliar. 

Perusahaan yang menjual ponsel iPhone itu menyumbang 44 persen dari total pendapatan ponsel pintar global tahun lalu. Dengan seri iPhone 12 dan iPhone 13 yang mendorong pendapatan terkuat. Ini juga menunjukkan kedigdayaan Apple di pasar ponsel dunia. 

Di posisi kedua, bercokol raksasa asal Korea Selatan Samsung yang mencatatkan pendapatan sebesar US$72 miliar. Total pendapatan itu juga mencatatkan pertumbuhan dari periode 2020 yang hanya tercatat US$64 miliar. 

Perusahaan yang pada tahun lalu memperkenalkan smartphone flagship dari jajaran Samsung S21 Series itu juga konsisten berada di posisi tersebut, sebagai perusahaan ponsel dengan pendapatan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. 

Sementara itu, melengkapi posisi tiga besar adalah produsen ponsel asal China. Bukan Xiaomi tapi Oppo (termasuk penjualan OnePlus) yang mencatatkan pendapatan sebesar US$37 atau naik 37 persen dari periode sebelumnya. 

Permintaan terhadap perangkat Oppo dan OnePlus banyak disumbangkan oleh perangkat kelas menengah dan kelas atasnya seperti Oppo Reno 6, Oppo Find X3 Series, dan OnePlus 9. Perusahaan juga berhasil memperluas pasarnya hingga ke Jepang dan sebagian negara Eropa. 

Secara keseluruhan, Counterpoint Research mencatat bahwa harga jual rerata ponsel (average selling price/ASP) pada tahun lalu meningkat 12 persen secara tahunan menjadi US$322. Ini terutama disebabkan oleh pangsa pasar 5G yang kian ramai. 

Berikut ini adalah pendapatan pasar ponsel berdasarkan lima vendor teratas pada 2021 : 
  1. Apple (US$196 miliar) 
  2. Samsung (US$72 miliar) 
  3. Oppo (US$37 miliar) 
  4. Xiaomi (US$36 miliar) 
  5. Vivo (US$34 miliar) 
  6. Lainnya (US$73 miliar) 

Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Viral Skincare Slugging, Ini Manfaat & Efek Sampingnya!

BERIKUTNYA

Biar Enggak Sakit Hati, Kenali Tanda-Tanda Breadcrumbing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: