Premium Gold Rush Yusheng (Dok. The Fullerton Hotel Singapura)

Fantastis, Makanan Khas Imlek Ini Dibandrol Jutaan Sampai Miliaran

31 January 2022   |   16:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Yee sang atau yu sheng menjadi menu wajib saat perayaan Imlek. Salad dingin berwarna-warni ini dipercaya membawa kemakmuran dan kesehatan yang berlimpah ke rumah, tempat kerja, dan komunitas seseorang untuk tahun mendatang.

Salad ini biasanya terbuat dari ikan mentah yang diiris tipis, parutan wortel, parutan lobak hijau dan putih,  acar jahe, kacang tanah yang dihaluskan, jeruk bali, kayu manis, merica, kerupuk bantal emas dan dilengkapi dengan berbagai bumbu seperti bubuk lima rempah, saus plum, saus hoisin, dan minyak. 

Banyak restoran yang menyajikan hidangan khusus dalam memperingati Tahun Baru Imlek ini. Harganya cukup bervariasi. Di Jakarta, yu sheng dijual mulai dari ratusan ribu seporsi. Namun ada loh restoran yang menjual hidangan Imlek ini dengan harga yang fantastis dan dicap sebagai yu sheng termahal.

Pada tahun ini, Jade Restaurant di The Fullerton Hotel menjual sepiring yu seng sebesar 688 dolar Singapura atau setara Rp7.283.388. Melansir Channel News Asia, Senin (31/1/2022), sepiring Premium Gold Rush Yusheng di restoran ini menampilkan susunan harimau yang terlihat ceria. Kreasi rumit itu dilengkapi dengan jeli sampanye, abalon, salmon, serta saus kumquat.

Di Malaysia, pada 2016, pasar e-commerce Groupon Malaysia bermitra dengan restoran China Ruyi & Lyn menciptakan yusheng termahal di dunia seharga RM16.888, setara Rp57.877.994. Yu sheng tersebut terdiri dari bahan-bahan mewah dan eksotis seperti abalon kering berkepala delapan Australia, truffle musim dingin hitam dari Italia, kaviar Oscietra Sturgeon Prancis, uni Jepang, tuna otoro sirip biru perut, sashimi udang manis botan-ebi, bubuk senja emas Prancis dan sebotol Dom Perignon Vintage 2005. Hidangan itu terdaftar di situs rekor dunia online, RecordSetter.

Sementara pada 2019, perusahaan katering Singapura Neo Garden menampilkan set yusheng senilai 319.810 dolar Singapura, setara Rp3.385.610.992. 

Dijuluki Platinum Gold Dragon Yusheng, set ini dilengkapi dengan yusheng berukuran 888 meter, satu mutiara naga gratis senilai 288 dolar Singapura, dua naga, dan tarian singa yang menampilkan 88 singa keberuntungan. 


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Buku Hujan Bulan Juni Terbit dalam Bahasa Rusia

BERIKUTNYA

Owners Rilis Koleksi T-shirt Angkat Isu Keresahan Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: