Ilustrasi kawasan kuliner di Glodok, Jakarta Barat. (Dok. Anthoni Askaria dari Unsplash)

6 Wisata Kuliner di Glodok yang Harus Dicoba saat Libur Imlek

31 January 2022   |   11:59 WIB

Kawasan Glodok, Jakarta Barat, merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Jakarta, terutama bagi Genhype yang suka berjalan-jalan di kawasan Pecinan atau Chhinatown. Lokasinya yang terletak di dekat kawasan Kota Tua membuatnya mudah diakses pada saat pelesiran di Jakarta Barat.

Selain dikenal sebagai pusat elektronik, kawasan Glodok juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner khas China yang enggak kalah menarik lho! Mulai dari minuman kopi hingga santapan makanan utama, yuk intip 6 destinasi wisata kuliner di Glodok.
 

1. Pantjoran Tea House

Restoran dan kedai teh khas China ini terletak di Jalan Pancoran Raya ini awalnya dikenal karena gedungnya yang memiliki fungsi sebagai toko obat Apotheek Chung Hwa saat didirikan pada 1928. Akan tetapi, gedung ini beralih fungsi menjadi tempat makan pada 2015.
 
Selain menghidangkan berbagai hidangan khas China seperti dim sum, sup, masakan ayam dan sapi, hidangan seafood, hingga teh, Pantjoran Tea House juga dikenal dengan tradisi Patekoan yang menghadirkan 8 teko berisi teh tawar untuk orang-orang yang melewati kawasan ini.
 

2. Kari Lam

Menjual kari ayam dan sapi, Kari Lam merupakan restoran di dalam food court yang terletak di dalam kawasan Gang Gloria yang sudah hadir sejak tahun 1993. Kedai ini dibangun dengan nama Kari Pak Alam pada saat pembukaannya, tetapi kemudian beralih menjadi Kari Lam seiring dengan berjalannya waktu.

Kini, Kari Lam menjadi salah satu restoran di dalam mall Pancoran Chinatown Point yang semula merupakan kawasan Gang Gloria dan memiliki cabang yang terletak di Petak Enam, berlokasi tidak jauh dari Pancoran Chinatown Point. Genhype perlu menyiapkan bujet minimal Rp55.000 untuk mengonsumsi satu mangkuk kari di restoran ini.
 

3. Pia Lauw Beijing

Jajanan yang terletak di kawasan Glodok, tepatnya di dalam Gang Kalimati ini juga enggak kalah enak lho! Sekilas pia ini mirip dengan bakpia Yogyakarta, tetapi pia ini memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar daripada bakpia dan memiliki varian rasa seperti kacang hijau, keju, hingga durian.

Harganya pun juga terbilang murah, di mana pia yang memiliki ukuran sebesar dorayaki ini bisa dibeli dengan harga Rp5.000 per 1 pcs. Rasanya yang gurih di luar dan padat di bagian isiannya membuat pia ini wajib dicoba saat berpetualang ke kawasan Glodok.

(Baca juga: 4 Rekomendasi Menu Kuliner di Jakarta ala Santhi Serad)
 

4. Vegetarian

Restoran vegetarian di kawasan Gang Kalimati ini juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner untuk Genhype yang vegetarian lho! Sesuai namanya, hidangan makanan di restoran ini memiliki bahan dasar sayuran terutama jamur dan 'daging' yang dibuat dengan bahan sayuran.

Masakan vegetarian di restoran tanpa plang nama ini dimasak dengan cita rasa China dan Indonesia, misalnya dengan char siu, kalasan, hingga gulai. Dengan harga kurang dari Rp50.000, Genhype bisa menyantap makanan berbasis tumbuhan dengan enak dan murah.
 

5. Restoran Sedap Wangi

Restoran yang terletak di sebuah kawasan di dalam Gedung Chandra dengan sebutan Taman Makan Minum Chandra ini menyajikan makanan berupa nasi campur dan nasi sapo. Untuk nasi campurnya sendiri dihidangkan dengan nasi hainam dan bebek panggang, sedangkan nasi sapo terdiri dari nasi hainam dan hidangan babi seperti siobak (babi panggang asin), babi panggang merah (char siu), bebek panggang, dan telur rebus.

Dua masakan ini umumnya dihidangkan di dalam sebuah claypot yang memberikan cita rasa smoky yang membuat beberapa bagian nasi menjadi lebih renyah dan berkerak karena panas yang bertahan dari claypot. Untuk menyantap makanan, siapkan bujet sebanyak Rp50.000 hingga Rp100.000 ya, Genhype!
 

6. Santong Kuotieh 68

Terletak di Jalan Pancoran, restoran ini terkenal dengan Kuotie babi yang dimasak dengan cara dipanggang. Tidak hanya kuotie, ada juga menu lain yang diandalkan dan direkomendasikan di restoran ini seperti Suikiaw yang dimasak dengan cara direbus, Sebkba Usiang Ju (organ tubuh babi yang dimasak dengan ramuan tradisional), dan hidangan khas China lainnya.

Untuk kuotie dan suikiaw, keduanya bisa dibeli dengan harga Rp45.000 untuk 10 buah. Jika kesulitan membeli di restoran pusat di Glodok, Genhype juga bisa mendapatkannya di beberapa cabang lain seperti Taman Alfa Indah Joglo, Central Park Mall, Lippo Mall Puri, Gading Serpong, dan Pasar Atom Surabaya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenali Tes Genetik dan Beragam Manfaatnya

BERIKUTNYA

Pengembang Game Prancis Garap 2 Judul Adaptasi Agatha Christie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: