Messenger hadirkan fitur baru di obrolan terenkripsi (dok. Messenger/Meta)

Yuk Intip Fitur Baru Obrolan Terenkripsi di Messenger 

28 January 2022   |   10:57 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Layanan pesan milik Meta, Messenger, baru-baru ini mengumumkan pembaruan untuk obrolan end-to-end encryption. Fitur ini nantinya akan membantu para pengguna meningkatkan pengalaman berkirim pesan secara lebih aman. 

Dalam postingan resminya, Messenger menyebut bahwa membangun fitur interaktif yang aman dan menyenangkan perlu waktu yang tak sedikit karena kompleksitas teknis yang tidak mudah. Kendati begitu, perusahaan berupaya dengan keras. 

Terlebih, dengan adanya peningkatan kejahatan dunia maya dan peretasan, yang membuat keamanan layanan perpesanan menjadi lebih krusial untuk komunikasi yang baik dan sehat di antara para pengguna, baik untuk keperluan pribadi hingga pekerjaan. 

“Kami tahu bahwa orang mengharapkan aplikasi perpesanan mereka bersifat aman, pribadi, dan memberi ruang untuk berekspresi. Untuk itulah, kami memperkenalkan beberapa fitur yang ada di Messenger,” tulis perusahaan. 

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang dihadirkan untuk obrolan end-to-end encryption di Messenger: 


Obrolan dan panggilan grup terenkripsi 


Pada tahun lalu, perusahaan mengumumkan bahwa mereka mulai menguji enkripsi end-to-end untuk obrolan grup termasuk panggilan suara dan video. Kini, fitur tersebut telah tersedia untuk seluruh pengguna sehingga mereka bisa terhubung lebih aman. 


Pemberitahuan tangkapan layar 


Messenger mengembangkan fitur yang akan mendeteksi ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari fitur disappearing message. Ini merupakan kelanjutan dari pengembangan fitur pesan yang hilang untuk menjaga kerahasiaan informasi pengguna. 


GIF dan stiker 


Dalam rangka membantu peningkatan level obrolan, pengguna di layanan end-to-end encryption Messenger saat ini sudah bisa mengekspresikan diri dengan berbagai GIF dan stiker yang telah disediakan. 

(Baca juga: WhatsApp Uji Coba Cadangan Cloud Terenkripsi di Android & iOS)


Reaksi 


Dengan adanya fitur reaksi atau reaction, pengguna akan dapat dapat mengetuk dan menahan pesan kemudian memberikan tanggapan singkat melalui beberapa emoji yang disediakan. Ini mirip dengan konsep like atau dislike dengan sifat yang lebih interaktif. 


Balasan 


Saat ini, pengguna juga bisa membalas pesan tertentu dalam obrolan yang terenkripsi, baik dengan menekan lama atau menggeser pesan yang ingin di balas. 


Indikator pengetikan 


Layanan pesan yang terenkripsi di Messenger sekarang juga bakal menghadirkan fitur indikator pengetikan. Intinya, ini akan memunculkan informasi bahwa orang lain tengah menulis pesan tertentu, sehingga komunikasi yang dibangun menjadi lebih hidup. 


Pengeditan media 


Sekarang, saat pengguna ingin mengirim media berupa foto atau video ke obrolan yang terenkripsi, pengguna juga akan memiliki opsi untuk melakukan pengeditan sederhana. Ini termasuk penambahan stiker, menambahkan coretan atau teks, memangkas, dan edit audio. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kenalan dengan 7 Karakter Utama dalam Serial Virgin The Series

BERIKUTNYA

5 Karakter Ikonik dalam Film Ice Age Adventures of Buck Wild

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: