Wisata tetap aman dengan mematuhi protokol kesehatan (Photo by Can yılmaz on Unsplash)

Kiat Berwisata Aman di Libur Hari Raya

04 May 2021   |   16:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sejak awal tahun 2020, kita dihadapi dengan perubahan gaya hidup mendadak. Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang menjangkiti hampir setiap bangsa di bumi memaksa kita untuk berpikir, bertindak, bahkan melakukan tugas sehari-hari yang paling sederhana dengan berbagai protokol baru.

Misalnya, dulu mencuci tangan merupakan aktivitas yang kita anggap remeh, belakangan ini kita didorong untuk melakukannya sesering mungkin. Demikian pula dengan memakai masker, mengurangi waktu berkegiatan di luar rumah, menggunakan antiseptik  juga kini menjadi kebiasaan baru.
 

Wisatawan lokal yang berasal dari golongan kelas menengah serta korporasi menjadi harapan agar industri wisata tetap berjalan./TWC

Wisatawan lokal yang berasal dari golongan kelas menengah serta korporasi menjadi harapan agar industri wisata tetap berjalan./TWC



Di antara banyak hal yang mengalami perubahan terbesar selama pandemi adalah kebiasaan ketika bepergian. Bagi sebagian orang, bahkan bepergian, keluar dari zona aman dan nyaman di rumah, dapat menimbulkan banyak ketakutan.

Tetapi seperti kita tahu, tradisi berwisata bagi keluarga di hari libur seperti Hari Raya Idul Fitri, menjadi seperti keharusan bagi sebagian besar keluarga di Indonesia, kata Guru Besar IPB University Harini Muntasib Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan.

Sayangnya, pandemi Covid-19 menjadi kendala besar karena banyak keluarga yang tidak bisa melakukan wisata yang aman agar tidak terpapar virus. Untuk itu, Harini memberikan beberapa tips berwisata aman di masa pandemi.

Kita tetap bisa kok berwisata dengan keluarga meskipun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain menerapkan 5M: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi, kita bisa mencari alternatif wisata yang aman bagi keluarga.

"Lakukan survei untuk lokasi wisata yang minim kerumunan dan tidak terlalu jauh dari rumah karena kita perlu mengurangi mobilitas," ujarnya seperti dikutip melalui unggahan blog, Senin (26/4).

Lokasi wisata yang dimaksud seperti kebun, sawah, atau pinggir sungai dengan pemandangan yang indah untuk menjadi objek wisata.

Jika sudah ketemu, rencanakan kegiatan di lokasi tersebut dengan keluarga bisa dengan permainan seru atau kegiatan fisik di alam. Jangan lupa, untuk tetap menjaga kebersihan bawalah makanan dan minuman dari rumah ketika berwisata.

Berwisata tidak selalu harus dilakukan di luar rumah, loh.

Berwisata di rumah juga bisa menjadi pilihan. Ada berbagai cara untuk bisa melakukan rekreasi di rumah. Misalkan, untuk Anda yang punya halaman dapat merancang kegiatan berkemah. Bagi yang punya anak kecil, kegiatan ini akan lebih menarik jika dilengkapi dengan permainan seru.

"Berwisata di tengah pandemi tetap harus sesuai protokol kesehatan dan utamanya menghindari kerumunan. Jadi tidak disarankan untuk pergi berombongan atau mengadakan pertemuan dengan banyak orang," imbuh Harini.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Tren Video Vertikal Merambah Industri Sinema

BERIKUTNYA

Under The Same Sun, Kolaborasi Mural Seniman Indonesia & Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: