Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Ternyata 5 Makanan Simpel Ini Bisa Tingkatkan Fungsi Otak Lho !

06 May 2021   |   16:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kamu tahu nggak sih kalau makanan yang kita konsumi dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak dapat mendukung kinerja otak hingga jangka panjang lho.

Otak adalah organ yang cukup intensif bekerja dalam tubuh manusia, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak "bahan bakar" yang baik untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari.

Tidak sulit kok, melansir dari Medical News Today, ternyata 5 makanan sederhana ini bisa membantu dalam fungsi kerja otak kita.

1. Alpukat
 

Alpukat- (Photo by ready made on Pexels)

Alpukat- (Photo by ready made on Pexels)

Sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan, alpukat dapat meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tinggi juga secara otomatis dapat menurunkan risiko penurunan kognitif.

2. Telur
 

Telur- (Photo by Katherine Chase on Unsplash)

Telur- (Photo by Katherine Chase on Unsplash)

Disukai oleh banyak orang untuk sarapan pada pagi hari, telur bisa menjadi makanan yang meningkatkan fungsi otak secara efektif. Telur merupakan sumber vitamin B yang terdiri dari vitamin B-6 dan B-12, dan asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

3. Kopi
 

Kopi - (Photo by Igor Haritanovich on Pexels)

Kopi - (Photo by Igor Haritanovich on Pexels)

Kopi dikenal sebagai alat bantu konsentrasi agar peminumnya tetap terjaga dan mendorong kemampuan fokus. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan kapasitas otak untuk memproses informasi. Selain itu, kopi juga merupakan sumber antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia. 

4. Brokoli
 

Brokoli - (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Brokoli - (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Selain menjadi sumber serat makanan rendah kalori, brokoli juga baik untuk fungsi otak. Brokoli kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecahnya, mereka menghasilkan isothiocyanate.
Isothiocyanate dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan ini selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang

5. Kacang-kacangan
 

Kacang-kacangan- (Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash)

Kacang-kacangan- (Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash)

Kacang adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang sangat baik. Kacang mengandung lemak tak jenuh dan protein untuk menjaga tingkat energi seseorang sepanjang hari. Vitamin dan mineral utama yang dimiliki kacang juga bisa menjaga kesehatan otak, termasuk vitamin E dan resveratrol tingkat tinggi.
Antioksidan resveratrol alami ditemukan dalam kacang tanah dan memiliki efek perlindungan, seperti membantu mencegah kanker, peradangan, dan penyakit neurologis termasuk Alzheimer dan Parkinson.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Catat, Serial Animasi Adaptasi Game yang Tayang di Netflix 2021 

BERIKUTNYA

Bingung Sambut Lebaran? Yuk Intip Persiapan Selebriti & Influencer Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: