Ilustrasi pembalut (dok. Freepik)

3 Macam Infeksi Ini Bisa Menyerang Kalau Kamu "Jorok" Saat Menstruasi

02 June 2021   |   14:45 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, hati-hati ya. Kalau abai menjaga kebersihan saat menstruasi bisa menimbulkan infeksi.

Kata Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dr. Dwiana Ocviyanti kalau kita "jorok" saat menstruasi salah satu infeksi yang akan dihadapi yakni vaginosis bakterialis.

Vaginosis bakterialis adalah infeksi vagina yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan jumlah bakteri alami (flora normal) di dalam vagina.  

Walaupun tidak berbahaya, infeksi bakteri dapat menimbulkan gejala yang menganggu seperti keputihan dan gatal, lho.

Bahkan infeksi ini berhubungan dengan meningkatnya faktor risiko infeksi HIV, HPV atau penyebab kanker serviks, dan komplikasi persalinan. Ih ngeri yah.

Oleh karena itu, untuk menghindari infeksi vaginosis bakterialis caranya sederhana, ganti pembalut teratur dan cuci daerah vagina minimal dengan air bersih.

Infeksi berikutnya dan biasanya terjadi pada orang sebelum menikah yakni infeksi jamur atau kandidosis vulvagonitis. Ini adalah infeksi saluran reproduksi wanita yang disebabkan oleh jamur candida albicans. 

Infeksi ini dapat menyebabkan rasa gatal ekstrem dan pembengkakan pada vagina juga vulva, serta timbulnya keputihan yang menggumpal. 

Kondisi organ reproduksi yang terlalu lembab serta iritasi pada penggunaan pembalut yang tidak tepat dapat menimbulkan infeksi ini. "Penyakit ini juga dapat berhubungan dengan risiko HIV dan HPV," jelas Dwiana.

Adapun yang terakhir akibat kita abai menjaga kebersihan saat menstruasi adalah infeksi saluran kemih. Infeksi ini berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak diatasi. Serem ya.

Nah, jadi buat kamu para perempuan, jangan abaikan kebersihan saat menstruasi ya demi kesehatan organ intim dan tubuh kamu sendiri.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Immersive Tech Rilis Dua Seri Headset Bluetooth, Cocok untuk Pengendara Motor!

BERIKUTNYA

Banting Setir Jadi Wirausahawan? Tidak Perlu Takut Asal Sudah Mempersiapkan Hal Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: