Ilustrasi (Dok. Viktoria Alipatova/Pexels)

3 Jenis Camilan saat Minum Kopi dari Berbagai Negara

30 December 2021   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ngopi tak akan lengkap rasanya tanpa ditemani makanan ringan atau camilan. Di Indonesia, makanan gorengan seperti pisang goreng biasanya hadir menjadi teman saat sedang menikmati secangkir kopi. Sedikit berbeda, di coffee shop kita akan lebih sering menemukan camilan seperti pastry dan roti.

Meski begitu, nyatanya tiap negara memiliki makanan ringan yang berbeda dalam kebiasaan menikmati kopi. Melansir dari Otten Coffee, Kamis (30/12/2021), berikut adalah 3 jenis makanan ringan yang biasa disajikan saat minum kopi.

1. Pastry dan roti
 

Ilustrasj croissant (Dok. Abdulrhman/Pexels)

Ilustrasj croissant (Dok. Abdulrhman/Pexels)

Di Eropa, pastry dan roti-rotian umumnya menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati kopi saat sarapan, sebagai tambahan energi untuk menghadapi hari yang panjang.

Orang-orang Prancis biasa menikmati café-u-lait mereka dengan mencelupkan croissant ke dalam cangkir yang cukup besar saat sarapan.

Sementara di Italia, orang-orang biasanya memilih buttery pastry dalam menikmati secangkir cappucino saat sarapan di pagi hari. Mereka juga terkadang menikmati secangkir espresso dengan dark chocolate atau gula.

Berbeda dari keduanya, di Belanda masyarakatnya lebih memilih stroopwafel, sejenis wafel manis yang seringnya dinikmati dengan secangkir kopi hangat. 

2. Kacang-kacangan dan makanan asin
 

Dok. Mehran/Pexels

Dok. Mehran/Pexels

Berbeda dengan tradisi minum kopi di Eropa, di Ethiopia sendiri masyarakatnya cenderung memilih camilan yang asin saat ngopi, seperti kacang-kacangan, popcorn dan roast barley.

Biasanya sebelum ngopi, mereka menyiapkan kopi yang seringnya diseduh dengan filter lalu dinikmati bersama camilan-camilan asin tersebut. Mereka percaya bahwa cita rasa khas dari kopi akan menghasilkan kombinasi rasa yang baik jika dipadukan dengan makanan asin. 

3. Rempah dan buah-buahan kering
 

Dok. Polina Tankilevitch/Pexels

Dok. Polina Tankilevitch/Pexels

Kopi masuk pada abad ke-16 di Timur Tengah. Pada masa itu kopi dianggap sebagai minuman para cendekiawan dan kaum intelektual. Di Timur Tengah sendiri kopi biasanya disajikan dengan sangat pahit dan kental. Itulah sebabnya manisan dan buah-buahan kering sering menjadi pasangan ngopi yang pas karena menyamarkan rasa pahitnya kopi.

Manisan dan buah kering ini seringnya disajikan di saucer cup sama seperti cookies di sisi cangkir. Jika peminumnya tak terlalu menyukai rasa manis, biasanya rempah seperti kayu manis dan cardamom bisa dijadikan pilihan untuk menyeimbangkan rasa pahitnya kopi.


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Pengguna Xiaomi, Siap-Siap MIUI 13 Bakal Meluncur Awal Tahun Depan

BERIKUTNYA

6 Tren Kesehatan pada 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: