Ilustrasi seseorang bekerja dari rumah- Jason Strull (Sumber: Unsplash)

Simak 4 Tips Cegah Diabetes Saat Bekerja dari Rumah

01 June 2021   |   13:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Semenjak pandemi virus Covid-19, banyak orang yang akhirnya harus bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan istilah work from home (WFH). Sayangnya, bekerja dari rumah memiliki dampak negatif sekaligus positif bagi kesehatan. Salah satu dampak negatifnya adalah diabetes.

Beberapa hal seperti penambahan berat badan, mudah lesu, kecanduan ponsel, dan pola makan yang buruk membuat penyakit diabetes semakin tidak terkendali.

Namun, tenang Genhype, Dokter Spesialis Endocrinology & Diabetes Altamash Shaikh memberikan beberapa tips agar kamu terhindar dari diabetes saat harus bekerja dari rumah. Simak yuk!

1. Tidur cukup dan jangan begadang
Demi kesehatan tubuh, seseorang perlu tidur yang cukup. Kurang istirahat dan kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi sensitivitas insulin dan kadar glukosa darah yang dapat meningkatkan nafsu makan dan berujung pada peningkatan berat badan. Kurang tidur menyebabkan hormon pertumbuhan dan peningkatan kadar kortisol. Sebaiknya kamu tidur cukup setiap malam selama 7-8 jam.

2. Latihan untuk mengelola stres
Kamu bisa melakukan spot walking atau jogging di sekitaran rumah atau olahraga seperti push-up, pull-up, squat, dan squat jump di rumah agar kamu tidak merasa stres dengan beban pekerjaan. Tetap jaga komunikasi dengan teman-teman kerja melalui video call atau telepon. Sebab, stres bisa mempengaruhi kadar glukosa yang menyebabkan seseorang bisa terkena diabetes.

3. Kelola asupan karbohidrat
Untuk menjaga kadar glukosa perlu mengelola pola makan dengan tidur dan olahraga yang cukup dan penting untuk dilakukan. Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi glukosa dan kemudian insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya sebagai energi. Ketika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat atau jika memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal dan terjadi kenaikan kadar glukosa secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, kelola asupan karbohidrat penting untuk dilakukan.

3. Tetap terhidrasi
Minumlah air yang cukup karena bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan risiko untuk mengembangkan gula tinggi menjadi lebih rendah. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bisa membantu ginjal membuang kelebihan glukosa melalui urin.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Suka Bulu Tangkis? Ini 5 Alasan Genhype Harus Nonton Racket Boys

BERIKUTNYA

Duh, Kematian Akibat Cuaca Panas Tinggi, Waspadai Faktor Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: